Desa Paringan Gelar Kirab Tumpeng Raksasa Dan Selamatan Rakyat Rasuluhusada

 Kades Paringan Suwendi serahkan tumpeng kepada sesepuh desa

Beritatrends, Ponorogo – Pemerintah Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo menggelar kirab tumpeng hasil bumi raksasa dan selamatan rakyat Rasuluhusada membawa ambengan 150 ingkung panggang yang diarak dari balai desa menuju joglo kesenian desa setempat, Selasa (14/6) malam.

Dalam prosesi cara tradisi tersebut, digelar oleh Pemdes Paringan dalam rangka bersih desa bersama seluruh warga yang secara serentak menggunakan pakaian serba putih baik pejabat maupun masyarakatnya, dengan kirab disepanjang jalan dan diseputaran joglo balai Kesenian serta di taman desa Paringan Asik.

Kepala Desa Paringan Suwendi SH menyampaikan, selain dalam rangka bersih desa, acara selamatan rakyat Rasuluhusada ini merupakan tradisi turun temurun yang digelar tiap tahun sebagai ungkapan atau wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rizki dan nikmat yang diberikan.

“Untuk acara selamatan rakyat Rasuluhusada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena untuk tahun ini digelar di Joglo balai Kesenian Desa Paringan yang telah terbagun menggah di tengah-tengah taman Desa Paringan Asik. Pada tradisi selamatan rakyat Rasuluhusada ini ditandai dengan penyerahan tumpeng utama dari kades Paringan kepada sesepuh desa dilanjutkan do’a bersama dan diakhiri dengan menyantap ambengan dan makan bersama-sama. Selain itu, tradisi selamatan rakyat Rasuluhusada digelar 1 hari 1 malam dimulai dari tanggal 14 Juni 2022 mulai Khotaman Al-Quran, Ziarah Makam Eyang Pronowijoyo atau yang babat Desa Paringan Selamatan Rakyat Rasuluhusada dan dilanjutkan Karawitan Madya Laras desa sampai selesai, “kata Suwendi, Jum’at (17/6).

Suwendi menambahkan, acara selamatan rakyat Rasuluhusada ini, juga merupakan salah satu upaya guna untuk nguri-nguri melestarikan adat istiadat budaya kearifan lokal agar tidak tergerus jaman yang serba modern sekarang ini.

“Selain itu, dengan acara ini kita bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberikan keberkahan, keselamatan, terhindar dari segala wabah maupun bencana serta berharap menjadikan Desa Paringan kedepannya aman, damai, sejahtera dan lancar dalam menjalankan roda pemerintahan serta terwujudnya pemerataan pembangunan. Terimakasih kepada semua pihak baik lembaga pemerintahan desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, dan seluruh warga atas partisipasinya, dalam acara ini sehingga acara berjalan lancar. Semoga dengan selamatan rakyat Rasuluhusada ini membawa keberkahan tersendiri bagi Desa Paringan, “pungkasnya.

Pos terkait