Desa Plangkrongan Berharap Jadi Sentra Usaha Penggemukan Sapi

Perangkat desa Plangkrongan berharap bisa jadi Sentra Usaha Penggemukan Sapi

Beritatrends, Magetan – Sejak dahulu, Desa Plangkrongan, Poncol, Magetan, terkenal akan usaha penggemukan sapi dalam skala banyak. Oleh karena itu, diharapkan kelak dapat menjadi sebuah sentra untuk kesejahteraan warga.

Kepala Desa Plangkrongan, Wawan Setiyo Budi, mengatakan bahwa kebanyakan warga setempat memelihara sapi hanya sebagai sampingan, di samping pekerjaan utama sebagai petani / pekebun. Selain itu, sapi hanya dipelihara dalam jangka waktu beberapa tahun untuk dijadikan simpanan, sehingga tidak ada target untuk penjualan.

Melihat hal tersebut, Kepala Desa Plangkrongan tentu tergerak untuk ingin mengembangkan usaha dan desanya. Ia berharap agar komoditas sapi dapat menjadi salah satu sarana usaha dan budidaya yang menghasilkan. Tak hanya itu, bahkan Wawan memiliki impian agar suatu saat Desa Plangkrongan dapat menjadi sentra usaha penggemukan sapi di Magetan, seperti di Kampung Susu Lawu Singolangu yang berfokus pada Sapi Perah.

Meskipun pihaknya mengaku bahwa dari segi pengelolaan dan penanganan sapi oleh warga dinilai belum maksimal, akan tetapi ia tetap merasa optimis dengan kelak akan mengadakan pelatihan dan pembinaan bagi warganya.

“Tentu ini potensi yang luar biasa untuk menjadi salah satu sentra sapi. Karena kalau dirata-rata setiap orang disini pasti punya satu atau dua ekor sapi di rumahnya,” pungkas Wawan.

Lebih lanjut, ia berharap adanya niat baik tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah, terlebih kepada OPD yang terkait. Menurutnya, banyak sistem yang dirasa sanggup untuk menyokong pengembangan usaha tersebut, salah satunya dengan bantuan dana stimulan.

“Jadi perlu stimulan semacam itu bagi masyarakat, khususnya yang punya lahan untuk bahan pakan tapi tidak punya sapi untuk diurus. Sehingga yang punya lahan juga bisa punya penghasilan tambahan dari komoditas sapi tersebut,” kata Wawan.

Pos terkait