Desa Sayutan Desa Berdaya Dengan Aneka Keindahan Alam

Keindahan Alam Desa Sayutan dengan Program launching Desa Berdaya

Beritatrends, Magetan – Program Launching Desa Berdaya Desa Sayutan, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Selasa (8/11/2022) di Balai Desa Sayutan.

Dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Magetan dan Provinsi Jawa Jimur (DPMD), Komisi B DPRD Magetan, TP PKK Magetan, TP PKK Desa Sayutan, Kepala Dinas Pariwisata Magetan, Forkopimca Kecamatan Parang, dan para undangan.

Kepala Desa Sayutan dalam program Desa Berdaya sangat bersungguh-sungguh membangun desanya untuk kesejahteraan warganya, beliau berharap tidak hanya launching, namun harus terus diisi dengan kegiatan untuk menarik wisatawan dan warga sekitar Kabupaten Magetan.

Langkah Kepala Desa Sayutan itu sangat estetik (merupakan sesuatu yang berkaitan dengan keindahan) dan pilihan bahan dari bangunan yang tidak mahal namun unik dan berkesan di lumbung lersawahan, pihaknya juga memohon untuk bisa bekerjasama dengan dinas-dinas terkait untuk menjadikan Desa Berdaya yang berkesan dan ikonik.

launching Desa Berdaya Desa Sayutan, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Selasa (8/11/2022) di balai Desa Sayutan.

Kepala Desa Sayutan melalui Sekretaris Desa Sayutan Agung Ariwibowo mengatakan, untuk konsep desa berdaya tahun 2022 Desa Sayutan ini, konsepnya itu bertemakan “Dewi Pasa” yaitu Desa Wisata Petualangan Sayutan.

Jadi Dewi Pasa ini adalah beberapa hal yang akan disuguhkan untuk awal dari Desa Wisata di Desa Sayutan, desa tiga ini dari Provinsi Jawa Timur dari Gubernur, jadi ini dibuat desa yang sudah mandiri yang mana di Magetan itu, hanya ada lima desa, salah satunya di Desa Sayutan.

“Pertama kami rencananya mendata Paralayang sebagai peminat, data penarik wisatawan, terus yang kedua ada penting Paralayang di situ ada view persawahan, bumi perkemahan dan di dekatnya lending Paralayang, itu dengan view persawahan, lokasi Desa Sayutan di Lereng Gunung Blego, yang ketiga itu Bilik Cantong di situ ada pusat pembibitan didesa, jadi didepannya juga ada view bagus bahkan Bapak Bupati sudah pernah ke lokasi itu,”papar Agung.

Baca Juga  Sejumlah Desa Di Ponorogo Raih Penghargaan Prespektif Good Governance

Wilayah kerajinan tas

Selanjutnya kami juga ada blok terpencil yang disuguhkan untuk wisatawan yang dari luar kota kalau ingin merasakan tinggal di desa dengan masyarakat, itu bisa di live in di 3 lokasi diantaranya di Blok Milamprang itu di atas gunung disitu ada 4 KK, kemudian di Blok Kerco itu sekitar 6 KK, dan Blok Sangrong ada 4 KK.

“Jadi Blok Sangrong lokasinya di tengah sawah, yang Blok Kerco lokasinya di tengah hutan agak terpencil, itu yang menjadi salah satu Paket Wisata yang disuguhkan,”terang Agung.

 

Hutan pendidikan wilayah Desa Sayutan

Untuk selanjutnya ada Hutan Pendidikan, dimana anak-anak bisa main Outbound sambil belajar jenis tanaman dihutan, sedangkan lokasinya juga tidak jauh dari Balai Desa Sayutan, semuanya berkaitan dengan tenda camping di bumi perkemahan, kami juga menyediakan tenda camping, jadi kalau ingin camping itu bisa disitu.

“Desa Sayutan ada kerajinan dan UMKM yang memberdayakan masyarakat salah satunya ibu-ibu membuat anyaman tas, yang kedua UMKM yang lain seperti jualan makanan semua ditampung di kegiatan-kegiatan even seperti ini,”jelas Agung.

ujicoba Paralayang lewat dari Desa Sayutan

Harapannya, orang yang berwisata / berpetualang semua ada tempat-tempat yang sudah sediakan oleh Desa Sayutan.

“Yang menarik ada UMKM kerajinan Wayang yang terbuat dari kardus, kayak yang biasa dijual di Pasar, itu juga ada di Desa Sayutan,”pungkas Agung.

Pos terkait