Diduga Begal, Ternyata Bukan Tapi Percobaan Pencurian

Ilustrasi pencurian

Beritatrends, Mempawah – Terkait viralnya kabar berantai melalui group di WA dan Fb sejak tanggal 08 februari 2023, terkait tertangkapnya seseorang yang di isukan begal yang ditangkap di Dusun Pak Lahekng, Sake Desa Pak Ona Wilayah. Toho Kabupaten Mempawah. Kamis (09/02/2023)

Untuk memastikan berita yang beredar, dikonfirmasi kepada Ipda Dian Kristianto, selaku Kapolsek Toho, melalui handpone , mengatakan membantah bahwa pelaku itu adalah diisukan begal tidak benar menurut kapolsek.

“Itu tidak benar yang benarnya adalah pencurian dengan pemberatan karena diduga mungkin akan melakukan perlawanan karena terkepung yang jelas barang yang akan dicuri 1 unit televisi,”itu menurut pernyataan Kapolsek Toho.

Korban yang direncanakan diambil barangnya yaitu orang dari Dusun Sepahat Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak, tapi karena perbuatan pelaku diketahui oleh warga yaitu paman korban sendiri sehingga pelaku ini merasa ketakutan melarikan diri dengan membawa sebuah tas hasil pencurian.

“Melarikan diri ke arah Kecamatan Toho yaitu tepatnya di Sake Dusun Pak Laheng Kecamatan Tuhu Desa Polaheng Kecamatan Tua Kabupaten Mempawah,”terangnya.

Ketika isu ini beredar di seluruh WhatsApp yang mengisukan bahwa ini begal sekali lagi tidak benar sementara ketika dikonfirmasi terkait siapa pelaku yang dimaksud, beliau mengatakan ini privasi hanya saja inisial yang disampaikan yaitu JM. Laki-laki berusia 33 tahun asal warga Jeruju Kecamatan Pontianak Barat.

Sementara korban pencurian yaitu warga Desa Sepahat Menjalin Kabupaten Landak. Dan ketika dikonfirmasi kepada Kapolsek Menjalin Suwandi SH MH. membenarkan hal dimaksud, menyatakan bahwa itu bukan begal sekali lagi bukan begal mohon masyarakat jangan terprovokasi dan jangan menakut-nakuti diri sendiri terhadap isu liar yang tidak mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga  Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainudin, S.E., Pimpin Sertijab Tiga Dandim Jajaran Korem 043/Gatam

Saat ini menurut Kapolsek Menjalin bahwa diduga pelaku sudah diamankan di Menjalin menjalani pemeriksaan dan ada rencana kemungkinan, diteruskan ke Polres Landak untuk dititipkan sementara di rutan Polres.

“Diminta kepada masyarakat jangan memberikan atau meneruskan informasi yang belum tentu kebenarannya,”terangnya.

Kapolsek berpesan kepada warga harap berhati-hati dan bisa memilah serta mampu memposisikan diri.

“Isu yang belum benar dan belum bisa dipertanggungjawabkan demi ketentraman kedamaian serta tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat,”Suwandi mengahiri.

Pos terkait