Dikunjungi Kadin Pendidikan Provinsi Jatim, SMK di Ponorogo Siap Jadi SMK BLUD

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Dr Ir Wahid Wahyudi, MT, disela kunjungannya, di dampingi Bupati Ponorogo, Kang Giri.

Beritatrends, Ponorogo – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr Ir Wahid Wahyudi, MT berkunjung ke SMKN 1 Slahung, Kabupaten Ponorogo, Kamis (6/1/2022). Salah satu SMK di Ponorogo ini dinilainya telah memenuhi kriteria untuk menjadi SMK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Seperti yang telah kita lihat, kualitas yang ada di SMK N 1 Slahung, Ponorogo, baik produknya maupun kualitasnya, sangat memungkinkan untuk di produksi rutin,” terang Dr Ir Wahid Wahyudi, MT, disela kunjungannya, di dampingi Bupati Ponorogo, Kang Giri.

“Itu merupakan syarat utama menjadi Sekolah BLUD, tinggal kepala Sekolah mengajukan saja,” jelasnya.

Dengan pengajuan sekolah BLUD ke pemerintah Provinsi, nanti akan ditindak lanjuti dengan proses dan analisa untuk menjadi SMK yang berstatus BLUD.

“Keuntungan menjadi sekolah BLUD adalah untuk branding sekolah, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, bahwa sekolah ini mampu membawa siswanya memiliki kompetensi yang ber standard seusai harapan dunia usaha dan industri,” kata Dr Ir Wahid Wahyudi, MT.

Namun yang lebih penting, masih kata Kadin Pendidikan Pemprov Jatim, Hasil dari produk dan jasa yang di jual oleh sekolah ini, bisa di manfaatkan oleh masyarakat banyak.

Sementara, Bupati Kang Giri mengatakan, kemajuan SMK yang ada di Kabupaten Ponorogo tidak hanya tanggungjawab dari pemerintah Provinsi saja, namun perlu peran pemda.

“Tidak hanya tanggung jawab Provinsi, tapi kita akan gotong royong memajukan SMK di Ponorogo, tugas pemerintah daerah adalah memberikan ruang,” terangnya.

Efek Setelah Blud, SMK di akan bisa berbisnis dan Produk-produk nya akan dinilai layak di dunia usaha.

“Tinggal bagaimana kita sebagai orang tua dan pemegang kebijakan menuju hal tersebut. Maka tidak hanya kualitas saja, namun sudah di ajari bisnis,” jelas Kang Giri.

Pos terkait