Dilantik PJ Bupati, Berikut Nama-Nama 30 Kades Baru Hasil E-Voting di Magetan

30 Kades Baru Hasil E-Voting di Magetan

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 30 kepala desa (kades) dari 15 kecamatan se-Kabupaten Magetan Jawa Timur resmi dilantik dan diambil sumpahnya, di Pendopo Surya Graha, Rabu (20/12/2023). Mereka adalah kades terpilih hasil Pilkades secara e-voting yang digelar pada 12 September lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun, ke-30 desa tersebut adalah Desa Suratmajan (Wahyu Heri), Malang (Sumali) dan Ngujung (Madun) di Kecamatan Maospati; Desa Mojopurno (Suparni) dan Banjarejo (Jaitun) di Kecamatan Ngariboyo; Desa Gondang (Hadi Sutrisno), Baluk (Jerman Abdul Aziz), Prampelan (Eko Ali Cahyana), dan Kauman (Dhimas Galing Sasongko) di Kecamatan Karangrejo; Desa Bulu (Eko Santoso), Kalangketi (Setiyono), Bandar (Hesti Widiastuti), dan Kembangan (Yani Maryadi) di Kecamatan Sukomoro; Desa Jajar (Eko Suprayitno) di Kecamatan Kartoharjo; Desa Sidorejo (Pulung Larson), Sidokerto (Sukarno), dan Kalang (Suwardi) di Kecamatan Sidorejo.

Kemudian Desa Kenongomulyo (Hari Suwarno) dan Purworejo (Hari Agung Cahyoko) di Kecamatan Nguntoronadi; Desa Duwet (Agung Sugiarno) dan Kleco (Lamahdianto) di Kecamatan Bendo; Desa Buluharjo (Tohari) di Kecamatan Plaosan; Desa Kiringan (Adi Sungkono) di Kecamatan Takeran; Desa Kediren (Wakino) di Kecamatan Lembeyan; Desa Selorejo (Jumadi) dan Giripurno (Sigit) di Kecamatan Kawedanan; Desa Ringinagung (Triyana) dan Purwosari (Hartono) di Kecamatan Magetan; Desa Geplak (Juwarno) di Kecamatan Karas; serta Desa Ngumpul (Puji Lestarianto) di Kecamatan Barat.

Pj. Bupati Magetan Hergunadi menekankan pada kades terpilih, agar dalam setiap pelaksanaan tugas harus berorientasi pada hukum dan aturan berlaku.

“Laksanakan program sebaik-baiknya agar aman dan amanah. Para kades harus berorientasi pengabdian dengan kesadaran dipilih masyarakat, sehingga masyarakat juga harus diutamakan,” jelasnya.

Selain berpesan untuk ikut menjaga kondusifitas jelang Pemilu, Hergunadi juga menyebut beban dan tanggung jawab kades untuk turut serta membantu dalam penyelesaian program percepatan pemerintah.

“Program prioritas pemerintah pusat yang harus kita tangani bersama seperti pengangguran terbuka, stunting, dan kemiskinan ekstrem. Dengan mengatasi permasalahan tersebut maka dampak sosial bisa dikurangi dan pertumbuhan ekonomi bisa meningkat,” ujarnya.

Setelah dilantik, kades terpilih juga akan mendapatkan pembinaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

“Laksanakan tugas dengan baik, kalau mau tasyakuran silahkan tapi jangan berlebihan,” pesan Kadin PMD Magetan, Eko Muryanto.

Pos terkait