Dinas P3APPKB Kabupaten Blitar Gelar Pembinaan Kader Kampung KB

Pembinaan Kader Kampung KB, Senin (22/05/2023), bertempat di ruang tim Penggerak PKK.

Beritatrends, Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Blitar menggelar Pembinaan Kader Kampung KB, Senin (22/05/2023), bertempat di ruang tim Penggerak PKK.

Tri Gunawan selaku Kabid KB menyampaikan, di Kabupaten Blitar saat ini ada 37 Kampung KB dengan jumlah kader sebanyak 296, yang mana di setiap kecamatan ada yang mempunyai1 atau 2 kampung kb tergantung luas wilayahnya.

Saat ini ada perubahan paradigma yang mana dulu Kampung KB ( Keluarga Berencana), sejak tahun 2020 berubah menjadi Kampung KB (Keluarga Berkualitas), yang mana dulu untuk Kampung KB ini kriterianya adalah aseptor pencapaian KB jelek, tingkat pendidikan rendah, tingkat kemiskinan tinggi.

Lebih lanjut disampaikan Tri Gunawan, sesuai dengan perkembangan Kampung KB saat ini ternyata pencapaiannya melebihi kampung biasa, akhirnya paradigma di rubah menjadi Kampung KB(Keluarga Berkualitas), artinya tingkat pendidikannya bagus, kemiskinan rendah serta stuntingnya juga menurun,” terangnya.

Untuk kendala dilapangan saat ini adalah berkaitan dengan kinerja, yang mana kalau dulu laporan mengunakan manual, akan tetapi untuk saat ini para kader di tuntut untuk memberikan laporan melalui website atau sistem online, mengingat saat ini banyak kader yang usianya sudah tidak muda lagi, maka dari itu diadakanlah pembinaan kepada kader Kampung KB ini,” jelasnya.

Terakhir, Tri Gunawan berpesan kepada seluruh peserta pembinaan Kampung KB supaya lebih meningkatkan kinerjanya, utamanya adalah terkait dengan pelaporan melalui website atau sistem online, meskipun ada kendala terutama untuk sinyalnya, akan tetapi kinerja para kader Kampung KB ini sangatlah luar biasa,” pungkasnya.

Baca Juga  Pungli Merajalela Di Wisata Lokalan Liburan Lebaran Idhul Fitri 1445 H Wilayah Kabupaten Pringsewu.

Pos terkait