Dinas PKH Suntikkan 250 Dosis Vaksin pada Peringatan Hari Rabies Sedunia, Yusnani: Rabies Fact, not Fear

  • Whatsapp

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Asahan dr.h Yusnani saat diwawancarai, Selasa (28/9/2021) siang.(foto: by rendi).

Beritatrends, Asahan Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan mengadakan program Vaksinasi Rabies gratis kepada setiap orang pemilik hewan peliharaan, Selasa (28/09/2021).

Hal itu dilakukan dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day). Dilansir dari situs resmi WHO, tema kali ini adalah “Rabies: Facts, not Fear”.

Berlokasi di halaman kantor Jalan Taufan Kisaran, suntikkan vaksin rabies itu dikhususkan bagi hewan mamalia jenis anjing dan kucing.

Isnani bersama tim vaksinator suntikan vaksin rabies ke kucing jenis anggora milik salah seorang peserta.(foto: by Rendi)

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Asahan dr.h Yusnani menyebutkan bahwa kegiatantersebut merupakan agenda rutin yang digelar setiap tanggal 28 September setiap tahunnya.

“Rabies atau lebih dikenal dengan penyakit Anjing Gila, merupakan penyakit ‘zoonosis’ (ditularkan dari hewan ke manusia) yang sangat ditakuti nomor 1 di dunia”, ujar wanita yang akrab disapa Isnani ini.

Sosok wanita Alumnus Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut menjelaskan program vaksinasi ini penting dilaksanakan.

“Rabies juga berakibat fatal dan menimbulkan kematian bagi manusia yang terpapar. Maka dari itu, mari kita dukung dan sukseskan program pemerintah yang turut Bebaskan Dunia dari Rabies 2030”, pungkas Isnaini usai kegiatan, Selasa sore.

Terakhir, pihaknya juga telah melaksanakan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat terkait syarat, kuota dan jumlah dosis telah disebarluaskan kepada kelompok maupun komunitas pecinta hewan dan warga Asahan pada umumnya.

 

Pos terkait