Dinas PUPR Magetan Fokus Perawatan Jalan dan Saluran Air

Pemeliharaan jalan oleh DPUPR Magetan

Beritatrends, Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Pemataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan pada tahun 2022 dengan anggaran terbatas prioritaskan pemeliharaan saluran air dan jalan.

Kepala Dinas PUPR Magetan Muhtar Wahid mengatakan, anggaran Dinas PUPR hanya sekitar 40 persen dari sebelum pandemi, dan berkurang lagi hanya 33 persen dari pada tahun 2021.

“Maka itu yang menjadi prioritas PUPR untuk tahun ini yaitu pemeliharaan saluran air kemudian jalan, supaya tetap bisa berfungsi dengan di lakukan penambalan lubang, kemudian untuk trotoar hanya da beberapa yang bisa dikerjakan,” terangnya, Jumat (25/3/2022).

Ia juga menyebutkan, dana untuk DAK diantaranya untik pemeliharaan jalan sekitar Rp 2-3 Miliar, TPS 3 untuk 3 lokasi sekitar Rp 600 Miliar dan rehabilitasi Gedung-gedung.

“Hanya DAK (Dana Alokasi Khusus) yang lumayan besar, kalau untuk yang lain hanya kecil kecil saja untuk tahun 2022 ini,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk penanggulangan bencana alam, DPUPR Magetan juga menindaklanjuti itu dengan menggunakan BTT ( biaya tidak terduga) yang di fungsikan untuk mengatasi bencana alam seperti yang sudah terjadi banjir kemarin.

Untuk pemeliharaan jalan, masih seperti pandemi sebelumnya, belum bisa merata penanganan oleh URC

“bahkan untuk ketersediaan aspal pun terbatas sehingga gerak  DPUPR tidak bisa seluas dan secepat dulu sebelum masa pandemi karena memang dibatasi oleh anggaran,” ujar Muhtar Wahid.

“Makanya untuk tahun 2022 ini kami fokus untuk pemeliharaan infrastruktur yang ada agar bisa terawat,” ungkapnya.

Muhtar Wahid juga menyampaikan permintaan maaf maaf kepada masyarakat Magetan apabila belum bisa melakukan pemeliharaan infrastruktur secara maksimal sesuai harapan masyarakat.

“Memang keterbatasan kami, akan tetapi kami sudah melakukan usaha secara maksimal tapi memang kami memiliki banyak keterbatasan,” tutupnya.

Pos terkait