Diskominfo Magetan Gelar Penguatan Kelompok Informasi Masyarakat

  • Whatsapp

Kepala BidangInformasi Komonikasi Publik Dinas Kominfo Magetan dan  penguatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Rabu (3/11/2021) di Balai Kelurahan Bulukerto – Magetan

Beritatrends, Magetan – Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kabupaten Magetan menggelar kegiatan penguatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Rabu (3/11/2021) di Balai Kelurahan Bulukerto – Magetan

Kegiatan KIM ini rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan agar setiap daerah, lebih mengembangkan potensi yang ada.

Karena KIM merupakan wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat, dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi masyarakat, yang dapat mengakses informasi dari berbagai sumber baik langsung maupun tidak langsung. KIM juga telah diarahkan untuk mengembangkan nilai tambah dibidang ekonomi.

Eko Budiono, SH Kepala Bidang Informasi Komonikasi Publik Dinas Kominfo mengatakan, penguatan KIM untuk memberikan motivasi dalam hal ini kelompok informasi masyarakat, maksud tujuannya untuk menguatkan kompetensi kelompok informasi masyarakat agar kedepannya lebih mempunyai kompetensi dalam jurnalistik dan fotografi dan menjadi ujung tombak informasi di masyarakat.

Diharapkan KIM berperan sebagai destinasi informasi ke masyarakat untuk menyebar luaskan informasi ke masyarakat untuk menangkal pemberitaan Hoax yang ada di masyarakat.

Dengan harapan setelah mendapatkan ilmu kepada teman-teman tentunya nanti kita dorong, Diskominfo mendorong agar kim-kim ini berkembang, saat ini Kabupaten Magetan baru ada 11 KIM, nanti Tahun depan dari 18 Kecamatan harus mempunyai KIM.

Anggota masyarakat yang tergabung dalam KIM dapat memberikan saran-saran kepada pemerintah, tentang apa yang harus dibangun dan diperbaiki sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Dengan demikian di setiap kecamatan di Magetan perlu dibentuk kelompok masyarakat informasi ini, yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya. Dan pada gilirannya, anggota KIM diharapkan menjadi agen pembangunan yang menyebarluaskan gagasan pembangunan nasional ke tingkat local dan menjadi ujung tombak informasi dan tembok sebagai penangkal Hoax dimasyarakat.

Pos terkait