DPR RI Apresiasi Polda Sumut dan Jajaran Terapkan Sistem One Way Urai Kemacetan di Jalinsum

Anggota Komisi III DPR RI, Hinca Panjaitan, Sabtu (7/5).

Beritatrends, Medan – Penerapan sistem One Way yang dilakukan Polda Sumut dan jajaran dalam mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat mudik maupun arus balik libur lebaran Idul Fitri 1443 mendapat apresiasi.

Apresiasi penerapan One Way itu disampaikan anggota Komisi III DPR RI, Hinca Panjaitan, Sabtu (7/5).

“Dari Parapat hingga Tebingtinggi malam ini, saya menikmati pengaturan lalu lintas yang dilakukan personel Polda Sumut, Polres Simalungun dan Siantar dengan baik,” katanya saat wawancara awak media via seluler.

Menurutnya, sistem One Way yang diterapkan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, sangat efektif dalam mengantipasi kemacetan arus di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) saat libur lebaran.

“Walaupun kondisi diguyur personel polisi tetap siaga dan setia mengatur arus kendaraan maupun melakukan rekayasa lalu lintas mengurai kemacetan,” tutur Politisi Partai Demokrat asal Sumatera Utara tersebut.

Hinca mengungkapkan, Polda Sumut dan jajaran juga menurunkan personel dengan mengendarai sepeda motor melaksanakan patroli sembari menyampaikan imbauan agar masyarakat tetap mematuhi aturan berlalu lintas dalam menekan kecelakaan di jalan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Polda Sumut dan jajaran yang terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga mudik dan libur lebaran merasa aman dan nyaman. Saya mengalaminya sejak hari lebaran kemarin,” ungkapnya.

Diketahui, Polda Sumut menerapkan sistem One Way dibeberapa ruas Jalinsum Labuhanbatu hingga perbatasan Sumut-Riau karena volume kepadatan kendaraan arus balik telah terlihat pada Kamis (5/5) lalu.

Begitu juga di Jalinsum Medan-Aceh Polda Sumut juga melakukan sistem One Way dalam mengantisipasi kemacetan lalu lintas pada saat arus balik mudik lebaran.

“Kita perkirakan hari ini puncak arus balik. Tolong dipastikan pelaksanaan rekayasa lalu lintas dengan One Way atau pengalihan arus ini berjalan optimal. Ikuti selalu dinamika perkembangan yang ada,” terang Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Sementara itu, dari pantauan udara pada titik yang menjadi kemacetan terpantau saat ini lalu lintas arus balik dalam kondisi ramai lancar dan tidak ada kemacetan. Masyarakat yang melintas juga taat dan disiplin mengikuti instruksi rambu-rambu yang dipasang oleh petugas.

Panca berharap, personel terus melakukan penjagaan sepanjang waktu 1×24 jam penuh. Kemudian mengarahkan seluruh pengendara yang melintas di titik terakhir lajur One Way tersebut.

“Ciptakan arus balik yang aman dan lancar. Berikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pos terkait