Gali Potensi Pangan Lokal, DLHP Magetan Gelar Lomba Masak Rebung dan Cipta Menu B2SA

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka meramaikan Festival Bambu ‘Magetan Jadoel’, Dinas Lingkungan Hidup dan Pangan (DLHP) Kabupaten Magetan Jawa Timur, menggelar dua lomba menarik, yaitu Lomba Memasak Rebung dan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Kepala DLHP Magetan, Saif Muchlisun, menjelaskan bahwa lomba ini merupakan kolaborasi kesiapsiagaan dalam mewujudkan pangan segar yang aman, sekaligus menggali potensi pangan lokal, utamanya rebung (tunas bambu).

“Dengan diadakannya lomba ini, kami ingin menggali potensi bahan pangan lokal sebagai alternatif pilihan yang tidak tergantung pada bahan pangan pokok. Ini juga merupakan sosialisasi edukasi kolaborasi pangan yang bergizi,” jelasnya.

Saif menyebut, lomba memasak rebung diikuti oleh 33 peserta dari kalangan umum, dengan juri dari Indonesian Chef Association (ICA) Cabang Madiun, SMK Poncol, dan TP PKK Kabupaten Magetan.

“Rebung merupakan bibit dari bambu yang multifungsi dan memiliki sejuta makna. Bambu sendiri merupakan ikon Magetan dengan sentra industrinya di Desa Ringinagung. Inovasi ini diharapkan bisa menaikkan grade dan fungsi rebung di masa depan,” ujar Saif.

Sementara itu, Lomba Cipta Menu B2SA diikuti oleh 18 tim TP PKK yang mewakili kecamatan-kecamatan di Magetan. Juri untuk lomba ini berasal dari ICA Cabang Madiun, RSUD dr. Soedono Madiun, dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP).

Saif berharap, ada keberagaman makanan lokal yang bergizi seimbang, aman, dan sehat untuk dikonsumsi.

“Pemenang Lomba Cipta Menu akan mewakili Magetan dalam kompetisi tingkat provinsi,” pungkasnya.

Berikut adalah daftar pemenang Lomba Cipta Menu B2SA:
– Juara I : TP PKK Kec. Kawedanan
– Juara II : TP PKK Kec. Magetan
– Juara III : TP PKK Kec. Sukomoro
– Juara Harapan I : TP PKK Kec. Karangrejo
– Juara Harapan II : TP PKK Kec. Parang
– Juara Harapan III : TP PKK Kec. Panekan
– Kategori Lunch Box : TP PKK Kec. Ngariboyo
– Kategori Olahan Pangan Lokal Komersil : TP PKK Kec. Kartoharjo

Baca Juga  Magetan Kebagian 1.602 Formasi PPPK

Sedangkan untuk Lomba Memasak Rebung, pemenangnya yaitu sebagai berikut.
– Juara I : Ajeng
– Juara II : DWP Sekretariat Pemkab Magetan
– Juara III : PKK Kec. Magetan

Kegiatan ini diharapkan mampu mempromosikan keberagaman masakan lokal yang bergizi, seimbang, dan aman dikonsumsi, serta meningkatkan apresiasi terhadap bahan pangan lokal di Kabupaten Magetan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *