Beritatrends, Magetan – Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Magetan kembali menyelenggarakan acara tahunan Gebyar Pelayanan Publik, kali ini dengan tema “Satu Tempat Seribu Manfaat.” Acara yang berlangsung di pelataran Pasar Baru Magetan ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Magetan, Nizhamul, Minggu (10/11/2024).
Melalui kegiatan ini, masyarakat bisa menikmati beragam layanan di satu lokasi, sejalan dengan tujuan MPP dalam memudahkan akses layanan publik.
Dalam sambutannya, Pj. Bupati Nizhamul menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
“Pelayanan masyarakat harus diutamakan, dengan mempermudah proses perizinan dan mendukung investasi. DPMPTSP harus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih di tingkat nasional, dari peringkat 10 besar menjadi 3 besar,” ujar Nizhamul.
Berbagai layanan ditawarkan dalam Gebyar Pelayanan Publik ini, mulai dari Pelayanan Perizinan Berusaha, Cek Kesehatan, Administrasi Kependudukan (Adminduk), hingga layanan Perbankan dan Sistem Pengaduan Polisi Terpadu (SPKT).
Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses layanan BPJS, Perpajakan, Sertifikasi Halal, Pajak Kendaraan Bermotor, ATR/BPN, Taspen, BPKPD, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Kantor Pos, dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).
Kepala DPMPTSP Magetan, S. Condrowati, menyampaikan bahwa acara ini merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan pelayanan publik bagi masyarakat Magetan.
“Alhamdulillah, di tahun 2024 ini kita bisa melaksanakan Gebyar Pelayanan Publik MPP. Semua layanan diberikan gratis, sesuai tema ‘Satu Tempat Seribu Manfaat’,” ungkap Condrowati.
Selain pelayanan utama, acara ini juga diwarnai dengan sosialisasi mengenai pentingnya tertib berlalu lintas dan hukum, yang disampaikan oleh perwakilan dari Kejaksaan Negeri dan Polres Magetan.
Sosialisasi ini dilengkapi dengan pemberian doorprize bagi peserta yang turut memeriahkan acara. Dengan kolaborasi bersama kegiatan Car Free Day (CFD) dan layanan inovasi weekend service, Gebyar Pelayanan Publik diharapkan dapat menjadi sarana interaksi yang bermanfaat bagi masyarakat.
Acara ini diharapkan dapat terus menjadi inovasi pelayanan publik yang membantu Magetan mempertahankan predikat pelayanan prima dari Kemenpan RB, serta menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.