Kelurahan Pringsewu Barat Ikut Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022

Kelurahan Pringsewu Barat Mewakili Kabupaten Pringsewu Ikut Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022

 

Beritatrends, Pringsewu – Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu mewakili Kabupaten Pringsewu pada Lomba Kelurahan Tahun 2022 Tingkat Provinsi Lampung.

Terkait hal tersebut, Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Syaiful Dharmawan mewakili Gubernur Lampung bersama Tim Penilai dan Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Pemprov Lampung meninjau Kelurahan Pringsewu Barat, Senin (04/07/22), yang disambut dan diterima oleh Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dan Sekda Pringsewu Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, camat dan lurah serta tokoh masyarakat setempat di Kantor Kelurahan Pringsewu Barat.

Membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Syaiful Dharmawan mengatakan Lomba Kelurahan ini merupakan salah satu tahap dalam rangka evaluasi, yang meliputi 3 bidang penilaian yaitu Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan dengan 19 aspek dan 460 indikator penilaian.Sementara selain itu, lanjutnya, pandemi yang terjadi juga menjadi tantangan tersendiri bagi kelurahan untuk tetap melakukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan inovasi sesuai potensi yang ada. “Hal ini sejalan dengan tema Lomba Kelurahan Tahun 2022 yaitu ‘Kelurahan Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh”, ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan klarifikasi lapangan yang dilaksanakan merupakan tahapan ketiga dari tahapan penilaian Lomba Kelurahan, setelah diadakan seleksi administrasi dan pemaparan tentang profil kelurahan, keunggulan dan inovasi oleh lurah dan ketua TP-PKK kelurahan beberapa waktu yang lalu. “Berdasarkan rangkaian tahapan tersebut, dan dilihat dari dua tahun terakhir evaluasi perkembangan, Kelurahan Pringsewu Barat termasuk kelurahan yang cepat berkembang dengan keunggulan-keunggulan dan inovasi yang dimiliki”, katanya.

Dalam laporan yang disampaikan, Lurah Pringsewu Barat Cecep Irawan pada kegiatan yang juga dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Rusdiana Adi Erlansyah, Ketua DWP Sri Prihatin Iswahyudi menyampaikan bahwa Kelurahan Pringsewu Barat yang mempunyai luas wilayah 179 hektar dengan jumlah penduduk 8.441 jiwa, terdiri dari 4.181 pria dan 4.260 wanita, telah membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kenyamanan warganya, seperti keperluan surat-menyurat dengan cukup melalui pesan WhatsApp, serta pembuatan akta kependudukan dengan cukup datang ke kantor kelurahan, serta penggunaan barcode untuk tamu-tamu yang berkunjung ke wilayah Pringsewu Barat.

Sedangkan untuk produk-produk unggulan dari Pringsewu Barat, kata Cecep, diantaranya talas yang diolah menjadi nugget, pudding, orak-arik, minuman es talas dan lainnya, serta sayur-sayuran yang diubah menjadi mie serta produk Kopi Veteran. “Selain itu, Kelurahan Pringsewu Barat juga telah membedah dua rumah tidak layak huni dengan dana dari masyarakat”, ungkapnya.

Pos terkait