Grebeg Suro 2024 : Berikut Juara Festival Nasional Reog Ponorogo XXIX

Beritatrends, Ponorogo – Tigapuluh tujuh grup dari berbagai daerah di Indonesia telah unjuk kebolehan dalam memainkan kesenian Reog Ponorogo pada Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) ke-XXIX tahun 2024.

Festival ini berlangsung selama empat hari, dari tanggal 2 hingga 5 Juli 2024, bertepatan dengan peringatan bulan Muharam yang menandai pergantian tahun hijriah.

Acara ini juga merupakan bagian dari perhelatan akbar Grebeg Suro, sebuah event seni budaya yang sekaligus menjadi malam perayaan menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengumuman pemenang FNRP XXIX disampaikan pada malam puncak peringatan Grebeg Suro 2024 di panggung utama Alun-Alun Ponorogo, Sabtu (06/07/2024) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, menyampaikan bahwa selama tiga tahun berturut-turut, Grebeg Suro telah menjadi event terbaik nomor dua se-Indonesia pada tahun 2023.

“Perayaan Grebeg Suro dan Festival Reog yang kita selenggarakan saat ini merupakan Action Plan, sebagai proses berjenjang dari skema transmisi yang telah kita susun,” jelas Judha.

Judha berharap pagelaran akbar ini mampu menjadi magnet bagi warga, baik dari Ponorogo maupun dari luar Ponorogo, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan membangkitkan ratusan UMKM.

“Pada rangkaian Festival Nasional Reog Ponorogo dan Festival Reog Remaja, kuantitas dan kualitas penyajian terus mengalami peningkatan. Ini merupakan antusiasme dari semua elemen, seperti yang telah kita harapkan,” tambahnya.

Setelah pengumuman pemenang, masing-masing perwakilan grup dipanggil naik ke panggung utama untuk menerima piala. Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, menyerahkan secara langsung piala bergilir Presiden RI kepada juara satu FNRP XXIX.

Pada tahun ini, Grup Reog Gajah Manggolo dari SMAN 1 Ponorogo berhasil menjadi juara, menggeser juara bertahan dari Universitas Brawijaya dan memboyong piala bergilir Presiden RI.

Baca Juga  Pemkab Blitar Terima Penghargaan Keterbukaan Transaksi E Katalog Elektronik Lokal

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dengan penuh tenaga, kecerdasan, dan integritas yang tinggi, sehingga tampilan perayaan Grebeg Suro tahun ini berbeda dari tahun-tahun lalu, dengan tampilan yang dahsyat,” ungkap Sugiri.

Berikut daftar 10 besar pemenang Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) ke-XXIX:

1. Grup Reog Gajah Manggolo nomor penampilan 31 dari SMA N 1 Ponorogo
2. Grup Reog Brwijaya nomor penampilan 32 dari Universitas Brawijaya, Malang
3. Grup Reog Kencana Dewi Hotel nomor penampilan 16 dari Kencana Dewi Hotel Ponorogo
4. Grup Reog Taruno Suryo nomor penampilan 19 dari SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo
5. Grup Reog Singo Patripurogo nomor penampilan 28 dari Paguyuban TNI Polri dan Putu Warok Ponorogo, Jakarta
6. Grup Reog Bantarangin nomor penampilan 30 dari Komunitas Reog Ponorogo (KRP) Jakarta
7. Grup Reog Manggala Wiyata nomor penampilan 23 dari SMAN 3 Ponorogo
8. Grup Reog Manggolo Mudho nomor penampilan 27 dari Pawargo Yogyakarta (Komunitas Mahasiswa & Warga Ponorogo)
9. Grup Reog Sardulo Djoyo nomor penampilan 14 dari Kota Malang
10. Grup Reog Niken Gandini nomor penampilan 07 dari SMK N 1 Jenangan, Ponorogo

Diketahui bahwa pada tanggal 2–7 Desember 2024, Reog Ponorogo akan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia oleh UNESCO di Paraguay.

Pos terkait