Grebeg Suro Paguyuban Jawa Kabupaten Landak

Pj. Bupati Samuel Buka Acara Grebeg Suro Paguyuban Jawa Kabupaten Landak

Beritatrends, Landak – Pj. Bupati Landak membuka acara grebeg suro yang diselenggarakan oleh Paguyuban Jawa Kabupaten Landak, Sabtu (12/08/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Kilometer 9 Jalan Raya Ngabang Pontianak Desa Amboyo Inti, Kecamatan Ngabang tersebut dihadiri langsung Pj. Bupati Landak, Kapolres Landak, sejumlah pejabat, tokoh adat dan pengurus Paguyuban Jawa Kabupaten Landak.

Pada kesempatan itu Pj. Bupati Landak Samuel mengatakan bahwa grebeg suro adalah tradisi budaya tahunan masyarakat Jawa dalam wujud pesta rakyat, dan bentuk dari ungkapan rasa syukur atas limpahan berkat panen dan rejeki di tahun lalu.

“Saya sangat berterimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan grebeg suro, dimana dengan adanya kegiatan ini masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Landak mengenalkan tradisi Jawa kepada masyarakat yang akan semakin menambah keberagaman suku yang ada di Kabupaten Landak dan akan menguatkan rasa kebhinekaan tunggal ika, walaupun kita dari berbagai suku namun kita tetap satu di bawah NKRI,” ungkapnya.

Menurut Samuel pengaruh era globalisasi dan modernisasi yang dimotori oleh teknologi informasi memberikan dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat, pengaruh ini juga memberikan kontribusi bagi penerapan norma-norma agama, nilai-nilai akhlak dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

“Untuk itulah pemerintah Kabupaten Landak menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini dalam rangka pelestarian salah satu cagar budaya yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Pj. Bupati berharap kegiatan ini dapat memperbaiki sikap mental dan perilaku individu untuk mewujudkan tatanan masyarakat Landak yang mandiri, berprestasi yang madani, membawa berkah pada masyarakat, dan kepada semua sehingga dapat menjadi amal ibadah.

Baca Juga  Peringati Hari Ibu, Polwan Polres Ponorogo Berkebaya Beri Hadiah Coklat Kaum Perempuan Pemohon SIM

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Landak mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendukung kebijakan dan program pemerintah sehingga perubahan yang lebih baik dapat terwujud demi kesejahteraan bersama,” harapnya.

Dirinya juga berpesan agar semua senantiasa mengutamakan rasa kebangsaan, menjunjung tinggi keagamaan dan menghargai keberagaman dalam rangka mewujudkan pemilu 2024 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Landak.

Pos terkait