Hardiknas, 1000 Guru Gelar Tari Massal di Alun-Alun Magetan

Beritatrends, Magetan – Sebanyak seribu guru di Kabupaten Magetan menampilkan tari tradisional massal dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun Magetan, Jumat (26/5/2023).

Acara bertajuk Gebyar Tari Massal itu, dibawakan oleh peserta yang seluruhnya guru dari jenjang Paud, TK, SD, dan SMP di Kabupaten Magetan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan, Suwata mengatakan, kegiatan kali ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka, diantaranya adalah seni budaya.

“Melalui kegiatan seni tari, diharapkan dapat menginisiasi anak-anak. Kita juga minta kepada semua sekolah, untuk seni tari digiatkan,” terangnya, usai kegiatan, Jumat (26/5).

Suwata menjelaskan, jumlah guru sebanyak seribu tersebut telah sesuai data perwakilan dari setiap sekolah.

“Tidak kurang tidak lebih, seribu guru sesuai data absensi. Mereka menampilkan tari tradisional Juminten, Gambyong, Juminten, Gundul-gundul Pacol, dan Magetan Kumandang,” ungkapnya.

Ditambahkan Suwata, ini juga merupakan wujud implementasi bahwa tidak hanya murid yang harus pintar menari. Namun gurunya harus juga memberikan contoh.

“Tari memiliki banyak manfaatnya, disamping untuk kreatifitas anak, juga untuk membentuk karakter anak, dan untuk mencintai budaya,” pungkasnya.

Pos terkait