Lestarikan Budaya, Pemkab dan UGM Akan Dirikan Lembaga Pusaka Jawa di Magetan

Suasana Mbulan Ndhadhari Episode 12 di Pendopo Surya Graha

Beritatrends, Magetan – Upaya Pemerintah Kabupaten Magetan untuk terus melestarikan budaya Jawa tampaknya terus digiatkan.

Dalam kegiatan rutin Mbulan Dhadhari, Bupati Magetan, Suprawoto menyampaikan akan menggandeng Universitas Gajah Mada untuk mendirikan Lembaga Pusat Kajian (Pusaka) Jawa di Magetan.

“Supaya bahasa dan sastra Jawa tidak hilang dan justru berkembang, Pemkab bersama UGM menggagas Pusaka Jawa di Magetan,” ungkapnya, dalam acara Mbulan Ndhadhari Episode 12, di Pendopo Surya Graha, Jumat (26/05/2023) malam.

Di kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada, Setiadi menjelaskan, pendirian Pusaka Jawa di Magetan bertujuan untuk penguatan pengetahuan akan budaya Jawa sebagai identitas bangsa di kancah global.

“Jangan sampai malah bangga dengan budaya lain, Pusaka Jawa dikembangkan sebagai penguat bangsa dan menjadi perekat persatuan,” ujarnya.

Setiadi menambahkan, Pusaka Jawa direncanakan tak hanya berfokus pada riset semata, melainkan akan direalisasikan dalam beragam kegiatan.

Ia menargetkan seluruh masyarakat, khususnya generasi muda dan para pegiat budaya dapat bersama-sama memperkuat budaya Jawa di Magetan.

“Diharapkan masyarakat khususnya generasi milenial dapat semakin tertarik nguri-nguri kebudayaan Jawa untuk merekatkan keIndonesiaan,” harap Setiadi.

Baca Juga  HUT Ke-18 Pekong Yayasan Hati Murni Ngabang Tahun 2023

Pos terkait