Urin bagi Warga Binaan Urin bagi Warga Binaan

Rutan Magetan Kembali Galakkan Tes Urin bagi Warga Binan

Beritatrends, Magetan – Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim kembali melakukan tes urin mendadak terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Senin (05/06/2023) sore.

Tanpa ada pengumuman, Petugas Kesehatan Rutan yang didampingi Kepala Pengamanan Rutan (Ka.KPR) serta Kepala Regu Pengamanan langsung menuju ke Blok Hunian Tahanan sebagai lokasi dilaksanakannya tes urin.

Ka.KPR memanggil sejumlah Warga Binaan secara acak untuk melakukan tes urin. WBP diminta untuk mengisi identitas terlebih dahulu pada formulir yang telah disediakan. Selanjutnya WBP diberi gelas tes urin dan diarahkan ke kamar mandi untuk pengambilan sampel urin secara bergiliran.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap 10 Warga Binaan, tidak ditemukan satupun yang terindikasi mengkomsumsi Narkotika dan obat-obat terlarang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil negatif yang tampak pada gelas tes urin yang berisi sampel urin Warga Binaan.

“Sebagai langkah pencegahan peredaran gelap narkoba, kami berkomitmen untuk menggelar tes urin ini secara rutin, saat ini kami laksanakan seminggu sekali. Selain itu, pelaksanaan tes urin juga merupakan tindak lanjut arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang menginginkan Lapas dan Rutan yang bebas dari narkoba”, ujar Ka.KPR, Didi Rahmadi, saat ditemui di lokasi pelaksanaan tes urine.

Pos terkait