Inovasi Program Klinik Edupreuner Yntuk Mengatasi Permasalahan Pada Mitra

observasi banyak siswa MA Integratif NU Al-Hikmah yang tertarik berwirausaha.

Beritatrends, Sidoarjo – Kegiatan tercipta dari keluh kesah guru disana, yang selama ini belum ada kegiatan khsuus pelatihan kewirausahaan padahal setelah dilakukan observasi banyak siswa MA Integratif NU Al-Hikmah yang tertarik berwirausaha.

Berdasarkan survei menyatakan bahwa 70% peserta didik disana tertarik dalam berwirausaha. Bahkan 20% siswa disana sudah ada yang memulai usaha dengan berjualan gorengan atau makanan ringan dan menjadi re-seller.

Berdasarkan survei ini, tim pengabdian kimia UM melakukan inovasi program Klinik Edupreuner untuk mengatasi permasalahan pada mitra.

Kegiatan klinik edupreuner ini berlangsung selama kurang lebih 4 buan yaitu dari Bulan Juli hingga Bulan Oktober 2022.

Mitra dari kegiatan klinik edupreuner berjumlah 30-50 siswa MA Integratif NU Al-Hikmah, dengan jumlah tim pengabdian berjumlah 5 orang yang diketuai oleh Nur Indah Agustina, S.Pd dan dibina oleh Dosen Kimia UM yaitu Bapak Dr. Munzil., M.Si. Sistem pelaksanaan dari klinik edupreuner, diawali dengan forum penguatan mental berwirausaha pada mitra, pembuatan produk edupreuner dan uji coba produk berupa handsanitizer, implementasi produk, pendampingan perintisan UMKM dan diakhiri dengan evaluasi.

Harapannya melalui kegiatan ini, dapat memfasilitasi dan meningkatkan skill wirausaha mitra melalui klinik edupreuner MA Integratif NU Al-Hikmah sebagai pusat pembinaan edukasi wirausaha berbasis kearifan lokal desa tumpang untuk menciptakan kemadirian kerja generasi muda era 5.0.

Baca Juga  Kota Madiun Resmi Launching Galeri UMKM Naik Kelas

Pos terkait