Jelang Hari Jadi Ke-105, Wali Kota Madiun dan Forpimda Ziarah Ke Makam Leluhur

FOTO BERSAMA– Wali Kota Madiun, Maidi bersama Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya dan Forpimda berfoto bersama usai berziarah ke makam para leluhur pendiri Kota Madiun, Senin (19/6/2023).

Beritatrends, Madiun – Sehari menjelang peringatan Hari Jadi Ke-105, Wali Kota Madiun, Maidi bersama Wakil Wali Kota, Inda Raya Ayu Miko Saputri dan Forpimda melakukan ziarah ke makam leluhur, Senin (19/6/2023).

Tak hanya itu, pimpinan organisasi perangkat daerah dan BUMD juga turut mengikuti kegiatan ziarah makam para leluhur pendiri Kota Madiun di Makam Kuncen dan Makam Kuno Taman.

ZIARAH—Wali Kota Madiun, Maidi bersama Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya dan Forpimda berziarah ke makam pendiri Madiun, Ki Ageng Panembahan Ronggo Djoemeno, Senin (19/6/2023).

Wali Kota Madiun, Maidi menyatakan ziarah makam ke leluhur dilakukan untuk mengenang jasa para pendiri Kota Madiun. Pasalnya keberadaan Kota Madiun tidak akan terlepas dari jasa para leluhur.

“Adanya hari ini itu tidak akan lepas dari hari kemarin. Untuk itu generasi muda tidak boleh melupakan masa lalu. Apalagi generasi dulu lah yang bisa melahirkan masa sekarang,” kata Maidi.

Maidi mengatakan Hari Jadi Ke-105 harus menjadi momen bagi organisasi perangkat daerah untuk memberikan pelayanan yang mengutamakan kemanusiaan. Untuk itulah, hari jadi tahun ini Pemkot Madiun mengutaman masalah-masalah kemanusiaan.

Mantan Sekda Kota Madiun itu pun mengajak seluruh warga bersama-sama membangun Kota Madiun yang sudah berumur 105 tahun. Tak hanya itu, warga diminta bersinergi dengan Pemkot Madiun agar pembangunan di Kota Pendekar makin maju.

“Saya mengajak masyarakat juga ikut membangun Kota Madiun. Tentu saat ini OPD kami berada di depan. Untuk itu ada rakyat tentu ada yang dipimpin. Karena tidak ada pemimpin kalau tidak ada yang dipimpin. Dengan demikian kita harus saling bersinergi,” jelas Maidi.

Baca Juga  Jambore Relawan BPBD dan Kick Off Hari Jadi Ke-78 Jatim Berlokasi di Magetan, Gubernur Khofifah : Ini Bukan Simsalabim

Pada kegiatan ziarah makam leluhur, awalnya rombongan berkunjung ke Makam Kuno Kuncen yang ada di Kecamatan Taman. Di makam itu selain membaca doa dan tahlil, rombongan juga melakukan tabur bunga di makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Djoemeno yang menjadi Bupati Madiun pada tahun 1568-1586 dan makam Bupati Mangkunegara 1, Patih Wonoasri, dan para leluhur pendiri Kota Madiun.

Usai dari Kuncen, Wali Kota Madiun, Maidi bersama rombongan menuju ke Makam Kuno Taman. Tak beda dengan di Kuncen, di Makam Kuno Taman, orang nomer satu di Kota Pendekar itu juga memanjatkan doa dan menabur bunga area makam Raden Ronggo Prawirodirjo I atau Raden Ronggo Prawiro Sentiko yang menjadi Bupati Brang Wetan Gunung Lawu pada tahun 1755-1784.

Selanjutnya, rombongan juga menuju ke makam Raden Ronggo Prawirodirjo II yang menjabat Bupati Madiun tahun 1784-1797. Tak hanya itu, rombongan juga mengunjungi makam Raden Ronggo Prawirodirjo II yang merupakan kakek dari Raden Ronggo Prawirodiningrat dan ke makam Raden Bagoes Sentot Prawirodirjo yang merupakan panglima perang Pangeran Diponegoro.

Pos terkait