Jelang Nataru di Magetan, Harga Naik, Stok Aman

Tim I dipimpin oleh Bupati Magetan, melakukan sidak di Pasar Sayur Magetan.

Beritatrends, Magetan – Persediaan stok pangan dan kebutuhan pokok di wilayah Kabupaten Magetan dinilai cukup atau aman menjelang hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2022. Walaupun begitu beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga.

Hal ini berdasarkan hasil sidak yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Rabu (22/12/2022).

Pemkab Magetan membentuk dua tim, Tim I yang dipimpin Bupati Magetan Suprawoto melakukan sidak di Gudang beras Enggal Jaya dan Pasar Sayur Magetan.

Tim II dipimpin Wakil Bupati Magetan, Hj.Nanik Endang Rusmiati sidak ke Gudang Bulog GSP Gulun Maospati dan Pasar Barat.

Bupati Suprawoto usai sidak menyampaikan, stok kebutuhan pokok jelang nataru 2022 di Kabupaten Magetan relatif aman, namun ada beberapa barang pokok yang mengalami kenaikan.

“Harga cabai rawit mencapai Rp.90 Ribu dan cabai kriting Rp.30 lebih. Karena natal kebutuhan akan cabai meningkat dan menjadikan harganya naik,” terangnya.

Ia menyebutkan untuk petani cabe di wilayah kecamatan Parang, Magetan tahun lalu juga telah mendapat bimbingan dari salah satu perusahaan, bagaimana untuk memprediksi kapan panen dan kapan harga cabe naik.

“Jadi sewaktu di panen harganya pas tinggi. Dengan cara antisipasi itu mudah mudahan bisa memprediksi harga kapan naik dan turun, sehingga petani nantinya tidak rugi,” ujarnya.

Untuk kebutuhan lainya, masih kata Bupati Suprawoto, untuk harga beras juga mengalami kenaikan sedikit, pada harga normalnya Rp.9.500/Kg premium, dan untuk beras merah Rp.11.000/Kg.

“Minyak dan telur juga mengalami kenaikan harga, menurut dari pembeli pengaruhnya juga dari belanja pemerintah untuk penyaluran PKH. Jadi pemerintah membeli beras yang di salurkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga  Bagi-Bagi Makanan Kepada Abang Becak, PKL Dan Pemulung

Suprawoto juga menambahkan bahwa dalam tinjauan tim 2 di Gudang Bulog stok Beras juga aman, dan memadai.

Adapun Harga kebutuhan pokok jelang Nataru 2022 di di Pasar Sayur Magetan :

Gula pasir Rp.12.100/kg, Daging Sapi Rp.111.600/kg, Daging ayam Rp.31.300/kg, Telur Ayam Rp.24.000/kg, Cabe merah Rp.36.600/kg, Cabe rawit Rp.94.000/kg, Bawang merah Rp. 20.300/kg, Bawang putih Rp. 23.300/kg, Beras Rp.9000 sampai dengan Rp.11.000/kg, Minyak goreng curah Rp.16.600/liter, Tepung terigu Rp 7.000/kg, dan Jagung pipilan kering Rp.7.000/kg.

Pos terkait