Pelaku UMKM di Magetan Dapat Bantuan Akses Internet dari Kemkominfo

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 7 desa di Kabupaten Magetan Jawa Timur mendapat bantuan layanan akses internet fixed broadband dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Bantuan ini tersebar di 541 titik yang terbagi di Desa Mangunrejo Kecamatan Kawedanan, Desa Nguri, Tapen, dan Krowe di Kecamatan Lembeyan, serta Desa Bungkuk, Mategal, dan Kelurahan Parang di Kecamatan Parang.

Hal ini tentu disambut baik lantaran menjadi salah satu elemen penting dalam upaya pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Magetan.

“Adanya bantuan ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM di Magetan. Kami sebagai penerima bekerja sama dengan Dinas Kominfo Magetan harus intens mengedukasi masyarakat dan sering melakukan monitoring agar program ini bisa berjalan sukses sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Bupati Magetan Suprawoto melalui Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, dalam acara “Peluncuran Program Bantuan Pemerintah Akses Internet Fixed Broadband Tahun 2023”, di Kantor Desa Mangunrejo Kecamatan Kawedanan, Kamis (06/07/2023).

Ditempat yang sama, Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Marvels P. Situmorang menjelaskan, program bantuan layanan akses internet fixed broadband merupakan salah satu upaya mendukung transformasi digital sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.

Ia mengaku, program ini telah dijalankan sejak tahun 2018 silam, dimana untuk tahun ini dari jumlah 2.600 penerima sekitar 20% direalisasikan di Kabupaten Magetan sebagai stimulan.

“Jadi dengan pemberian bantuan akses internet UMKM punya purchasing power atau kemampuan ketika merasakan akses internet ini bisa meningkatkan usahanya, maka nantinya setelah selesai kita bantu akan bisa secara mandiri berlangganan dengan Internet Service Provider (ISP),” jelasnya.

Dengan adanya ketersediaan infrastruktur yang mumpuni dan merata di seluruh wilayah RI, pihaknya berharap dapat memberikan dampak positif yakni meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

Baca Juga  Hanya Bayar Seribu Rupiah Bisa Makan Sepuasnya Bersama Komunitas Nasbung Gratis

Masyarakat diharap dapat memanfaatkannya untuk mendongkrak perekonomian karena mampu mempermudah dalam melakukan aktivitas yang ada kaitannya dengan pengembangan usaha.

“Ketika sudah ada infrastruktur selanjutnya yang menjadi PR adalah mendayagunakan Sumber Daya Manusia (SDM)nya. Selanjutnya melalui mitra kami akan terus menumbuhkan ekosistem digital yakni memberdayakan masyarakat untuk terus mengoptimalkan infrastruktur yang telah disediakan oleh Pemerintah,” ujar Marvels P. Situmorang.

Pos terkait