Jemaah Haji Magetan Tiba di Kampung Halaman, Dua Orang Meninggal Dunia

Jemaah Haji Magetan Tiba di Kampung Halaman

Beritatrends, Magetan – Rona wajah bahagia terpancar dari ratusan jemaah haji asal Kabupaten Magetan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 17 dan 18. Mereka baru saja kembali menginjakkan kaki di kampung halaman usai 40 hari menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Kepulangan mereka disambut penuh haru oleh keluarga dan pemerintah setempat di Gor Ki Mageti, Kamis (27/06/2024).

Rombongan datang secara terpisah, satu bus dari kloter 17 tiba pagi hari sekitar pukul 03.00 WIB, sedangkan sembilan bus dari kloter 18 tiba sekitar pukul 08.30 WIB.

“Kedatangan jemaah haji Magetan hari ini alhamdulillah berjalan lancar dan semuanya sehat,” ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), Kementerian Agama (Kemenag) Magetan, Ida Dwi Martini.

Diketahui total jemaah haji Kabupaten Magetan yang berangkat tahun ini sebanyak 419 jemaah yang terbagi dalam beberapa kloter.

Namun, menurut Ida, selama pelaksanaan hingga kepulangan, terdapat 2 jemaah haji yang meninggal dunia. H. Masykur (69), jemaah haji asal Desa Pupus, Lembeyan dan tergabung dalam kloter 8, meninggal dunia pada Selasa (25/06/2024) di Rumah Sakit Mitra Surabaya.

Sedangkan satu lainnya yakni H. Paniyem Karto Kasimin (75), jemaah dari Desa Sampung, Kawedanan, yang tergabung dalam kloter 18 meninggal dunia pada Rabu (26/06/2024) dan dimakamkan di Arab Saudi.

Dari keseluruhan jemaah kloter 18, Ida mengatakan bahwa kini masih ada 1 jemaah yang tertinggal di RSU Haji Surabaya lantaran penyakit kadar gula darah naik.

Selama 21 hari ke depan, jemaah haji juga akan terus dipantau kesehatannya dan diharap dapat kembali menyesuaikan dengan kondisi suhu di Indonesia.

“Karena ada perbedaan cuaca dari yang panas ekstrem di Arab Saudi dengan Indonesia, jemaah haji dihimbau untuk berhati-hati atau waspada terkait perubahan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga  Pelatihan 100 Relawan Pelajar Ksj

Pos terkait