Kabupaten Blitar Raih 2 Penghargaan ProKlim pada Festival LIKE 2 KLHK

Beritatrends, Blitar – Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah didampingi Kepala DLH dan Disperkim menghadiri acara Festival LIKE (Lingkungan – Iklim – Kehutanan – Energi EBT) yang diselenggarakan oleh KLHK di Jakarta Convention Center pada Jum’at, 9 Agustus 2024.

Laksmi Dewanthi Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) LHK melaporkan pada kegiatan penganugerahan Proklim ini masuk didalam rangkaian Festival LIKE 2 yang mengambil tema “10 Tahun Kerja Untuk Sustainabilitas”. Perkembangan Proklim sejak tahun 2012 hingga 2024 menunjukkan progres yang positif, hal ini bisa dilihat lokasi Proklim saat ini berjumlah 10.113 lokasi dan akan terus bertambah.

Program Kampung Iklim atau yang biasa disingkat sebagai Proklim merupakan suatu gerakan berskala nasional yang bertujuan untuk mengendalikan perubahan iklim dengan melibatkan komunitas masyarakat serta pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta menurunkan emisi gas rumah kaca.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan ProKlim telah berjalan selama 13 tahun sejak dimulai pelaksanaannya pada bulan Oktober 2011. “Terimakasih secara konsisten dilaksanakan sebagai bukti upaya yang serius masyarakat Indonesia untuk mewujudkan pembangunan yang rendah karbon dan ketahanan iklim” kata Siti Nurbaya.

Melalui aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dalam Program Komunitas Iklim, masyarakat bersama – sama dengan Pemerintah dan pemangku kepentingan lain telah memberi kontribusi dalam upaya untuk merespon dampak perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca serta menyelamatkan bumi dari perubahan iklim.

Ada beberapa kriteria penghargaan ProKlim Tahun 2024 yaitu ProKlim Trophy Lestari, Trophy Utama, Sertifikat Utama, dan Apresiasi Pembina Proklim tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi serta Apresiasi Pendukung ProKlim di Yayasan, Perguruan Tinggi dan Perusahaan.

Pada acara Festival LIKE 2 ini Bupati Blitar menerima piagam penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim dari Menteri LHK dan juga diberikan trophy penghargaan kepada Dusun Tegalrejo Desa Ampelgading Kecamatan Selorejo sebagai Lokasi ProKlim kategori Lestari.

Baca Juga  Indonesia Jadi Tuan Rumah Sesi Tahunan ke-61 AALCO

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *