Beritatrends,Madiun – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun menyambut libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 dengan menghadirkan layanan posko kesehatan di 7 stasiun. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan selama masa angkutan Nataru yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Posko kesehatan disiapkan di Stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung dan Blitar. Posko ini melayani pemeriksaan kesehatan tahap awal dengan fasilitas pendukung seperti ambulans, kursi roda, tandu, dan alat defibrilator otomatis (AED).
Sebanyak 11 dokter dan 19 paramedis dikerahkan untuk memberikan pelayanan medis di seluruh lokasi. Layanan ini ditujukan bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan kesehatan selama menggunakan transportasi kereta api.
Selain posko kesehatan, KAI Daop 7 juga mengoperasikan 4 Klinik Mediska yang terletak di Madiun, Kertosono, Kediri, dan Blitar. Klinik ini melayani masyarakat umum, termasuk peserta BPJS Kesehatan. Jenis pelayanan yang tersedia meliputi konsultasi dengan dokter umum, dokter gigi, serta layanan farmasi.
Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo, mengatakan, “KAI Daop 7 berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, termasuk dukungan kesehatan selama masa angkutan libur Nataru ini. Kami berharap layanan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan perjalanan menggunakan kereta api.”
Tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan kereta api tercermin dari jumlah pelanggan yang terus meningkat. Pada 20 Desember 2024 sampai pukul 12.00 WIB, sebanyak 4.318 pelanggan tercatat berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun, sementara 5.325 pelanggan tiba. Secara total pada 2 hari masa Nataru, tanggal 19 dan 20 Desember 2024, Daop 7 Madiun telah melayani 10.850 pelanggan yang berangkat dan 13.202 pelanggan yang tiba di stasiun-stasiun wilayah operasional Daop 7 Madiun.
Sementara itu secara keseluruhan pada masa angkutan nataru 19 Desember 2024 – 5 Januari 2024 tercatat sebanyak 57.040 pelanggan yang akan naik dan 59.908 pelanggan yang akan turun di wilayah Daop 7 Madiun.
Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, KAI Daop 7 terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Kehadiran posko kesehatan dan layanan tambahan lainnya diharapkan dapat mendukung masyarakat menikmati libur Nataru dengan aman, nyaman, dan sehat.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan dan layanan tambahan selama libur Nataru, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI di 121 atau mengunjungi website resmi KAI.