Kapolres Ponorogo Hadiri Launching Kampung Pancasila Kodim 0802 Di Balai Desa Nongkodono

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Dandim Ponorogo Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin Wabup Ponorogo Lisdyarita pemukulan gong launching kampung Pancasila

Beritatrends, Ponorogo – Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo SIK, MH menghadiri Launching Kampung Pancasila wilayah Kodim 0802 Ponorogo Tahun 2022, dengan tema Brawijaya Merajut Keragaman Dengan Pancasila di balai Desa Nongkodono Kecamatan Kauman, Jum’at (18/3).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Ponorogo Ibu Hj. Lisdyarita, S.H, Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin., S.I.P , Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H., Kajari diwakili Kasi Intel Bpk. Afandi, SH. MH., Camat se PB 5 Sumoroto, Danramil se PB. 5 Sumoroto, Kapolsek se PB. 5 Sumoroto, Perwira Staf Kodim 0802/Ponorogo, Kades se Kec Kauman, Ketua FKUB Ponorogo Bpk. Dr. H. M Suyudi, M.Ag., Pemuda Pancasila, FKPSB Kec. Kauman, Ibu PKK dan Organisi keagamaan, Pramuka, Toga/Thomas dan diikuti sekitar 100 orang. Kades Nongkodono Jemadi, S.Sos menyampaikan ucapan selamat datang kepada para tamu serta undangan yang hadir.

“Atas nama pemerintah Ds Nongkodono mengucapkan trimakasih karean dipilih sebagai wakil Kampung Pancasila dan akan melaksanakan butir butir Pancasila,” ujarnya.

Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin., S.I.P. menjelaskan bahwa sejarah Kampung Pancasila merupakan program Bapak KASAD yang harus dilaksanakan. Kampung Pancasila merupakan bagian Ruh Bangsa NKRI yang harus di gaungkan kembali diseluruh desa di Wilayah Kabupaten Ponorogo.

“Karena, Berkat Pancasila Indonesia dapat bersatu menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesua dari berbagai agama , suku dan bahasa,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ponorogo Hj. Lisdyarita, S.H merasa sangat bersyukur digaungkannya kembali Kampung Pancasila menuju Ponorogo Hebat. Menurutnya, Pancasila tidak boleh luntur di lingkungan wilayah Ponorogo, ini sebagai pemersatu semuanya.

Baca Juga  Hari Pers Nasional, Kapolda Sumut : Jadilah Pers yang Mencerdaskan Masyarakat

Lisdyarita juga mengajak untuk melaksanakan Pancasila dimulai dari kita sendiri khususnya para generasi muda.
“Pancasila ini jangan sampai pudar, karena merupakan jati diri kita bangsa Indonesia,” ucap Wabub Lisdyarita.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur menambahkan bahwa makna pancasila sebagai pandangan hidup dalam sebuah negara tentu harus dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, Pancasila menjadi satu-satunya landasan paling utama bagi bangsa Indonesia untuk menjalankan kehidupan bernegara.

“Maka dari itu saya selaku Kapolres Ponorogo berharap dengan dibentuknya Kampung Pancasila oleh Kodim 0802 di Desa Nongkodono ini akan menjadi contoh bagi desa lain untuk selalu memegang teguh nilai nilai dan makna Pancasila yang terkandung didalamnya,” pungkas AKBP Catur

Acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong Louncing Kampung Pancasila serta pemotongan Tumpeng oleh wakil Bupati Ponorogo diserahkan kepada Kades Nongkodono. Acara ditutup dengan Do”a bersama yang dipimmpin oleh Ketua FKUB Kab. Ponorogo dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Pos terkait