Kekejaman PKI, Pemkab Magetan Gelar Upacara di Soco

Peringati Kekejaman PKI, Pemkab Magetan Gelar Upacara di Soco

Beritatrends, Magetan – Menandai peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, Pemkab Magetan menyelenggarakan Upacara Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Desa Soco, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan.

Upacara yang dihadiri oleh PJ Bupati Magetan Hergunadi, Camat se Magetan, para kepala OPD, tokoh masyarakat serta forkompinda Magetan ini, ditandai dengan pembacaan Ikrar kesetiaan terhadap Pancasila, peninjauan lubang kekejiaan PKI Muso tahun 1948, dan ditutup dengan pemberian sembako kepada warga sekitar monumen Suco.

Dipilih lokasi di Desa Soco Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan karena merupakan salah satu tempat saksi bisu kekejaman PKI pada tahun 1948. Dikomandoi oleh Muso, partai yang berafiliasi dengan negara komunis Uni Soviet tersebut melakukan pemberontakan pertama setelah Indonesia merdeka.

ā€¯Banyak sejarah kelam yang dilakukan PKI di Magetan, dengan peringatan ini supaya masyarakat bisa lebih menyadari bagaimana dulu komunis ingin merebut kekuasaan,” kata PJ Bupati Magetan, Minggu (1/10).

Menurutnya, penting untuk mengamalkan pancasila secara murni dan konsisten. Dengan pancasila bisa menjadikan Indonesia abadi, karena didalamnya terdapat kebhinekaan, ketuhanan dan lainya.

“Seluruh perilaku kehidupan kita, mulai dari nenek moyang kita itu sudah tercermin di pancasila,” ujar Hergunadi.

Di Desa Soco ada monumen yang terdapat dua sumur tua yang dijadikan tempat pembantaian oleh PKI. Ratusan korban pembunuhan keji yang dilakukan PKI ditimbun jadi satu di lubang sumur yang tak lebih dari satu meter persegi itu.

“PKI menculik tokoh-tokoh di Magetan untuk di bunuh dan dimasukan sumur,” pungkasnya.

Pos terkait