Kelurahan Kraton, Maospati Panen Raya Ikan Hasil Taburan di Sendang Kamal

  • Whatsapp

Bupati beserta Pokdarwis dan Pemerintah Kelurahan Kraton Panen ikan

Beritatrends, Magetan – Tak banyak daerah yang memiliki kelebihan memiliki potensi wisata alami. Magetan menjadi salah satu daerah yang beruntung. Selain banyaknya wisata alam yang ada di lereng Gunung Lawu, ternyata Magetan memiliki potensi wisata sejarah yang sangat luar biasa di Magetan bagian Timur.

Potensi obyek wisata tersebut adalah Situs Prasasti Sendang Kamal. Situs ini merupakan petirtaan kuno yang terletak di Dukuh Sumber, Kelurahan Kraton, Kecamatan Maospati. Nama “Prasasti Sendang Kamal” atau “Prasasti Kawambang Kulwan” konon memiliki kaitan erat dengan Kerajaan Medang Kamulan atau Mataram Kuno.

Dengan pontensi yang ada Pemerintahan Kelurahan Sendang Kamal memanfaatkan Petirtan Kuno tersebut buat beternak ikan Mujaeir yang di sebar bulan Apri 2021 yang lalu.

Berhubung saat sekarang masuk musim kemarau dan debit air berkurang dan Senadng tersebut airnya berkurang akhirnya Pemerintah Kelurahan Kraton Maospati bersama Karang Taruna, Pokdarwisa, Tim Penggerak PKK dan Masayarakat Kelurahana Kraton Maospati memanen ikat tersebut, Minggu (3/10/2021).

Bupati Magetan Dr, Drs. H. Suprawoto SH. M.Si mengatakan, Pihaknya diundang oleh Pokdarwis Kelurahan Kraton, akan memanen ikan yang di tabur di Sendang Kamal, karena debit air nya sedikt makanya dipanen hari ini.

“Saya tadi sudah mengingatkan kepada Pemerintah Kelurahan Kraton agar menanam pohon di sekitar Sendang Kamal, agar bisa menbuat sumber air, karena dulu waktu kecil dulu Sendang Kamal merupakan tempat mandinya, dulu airnya jernih, mungkin dulu belum ada sumur dalam, makanya sekarang debit airnya jadi kecil,”ujar Bupati Suprawoto.
Pihaknya menganjurkan kepada Plt Lurah Kraton untuk membuat Sumur Resapan, dan menama pohon-pohon disekitar Sendang Kamal agar nanti apa bila di musim kemarau air tetap banyak.

“Managemen tentang pengaturan air itu penting, ketika banyak jangan boros dalam pemakaiannya, artinya begitu diambil harus diisi kembali, salah satunya sumur resapan tadi,” pungkas Suprawoto

Pos terkait