Kirab Budaya Sebagai Ajang Penutup Bersih Desa Gulun Tahun 2024

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Desa Gulun, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan menggelar Kirab Tumpeng dalam rangka puncak kegiatan Bersih Desa Gulun Tahun 2024. Minggu (04/08/2024)

Kirab Tumpeng kali ini mengajak seluruh masyarakat Desa Gulun untuk bersatu melestarikan budaya dengan adanya tumpeng yang diarak mengelilingi desa dan berakhir di Lapangan Desa Gulun.

Kepala Desa Gulun, Sudiyanto mengatakan bahwa dengan adanya tumpeng yang diarak mengelilingi desa dan dipersembahkan untuk semua masyarakat ini warga dapat menikmati tumpeng hasil bumi dengan harapan manunggal kawula Gusti. Minggu (04/08/2024)

“Ini merupakan puncak rangkaian dari Bersih Desa Gulun Tahun 2024, dimana sebelum ini telah diadakan berbagai kegiatan, dan puncaknya yakni Kirab Budaya yang mengajak seluruh masyarakat Desa Gulun dalam Manunggal Kawula Gusti dengan artian penginjauwantahan dari kebersamaan antara Pemerintah Desa dengan para pendahulunya, Pemdes dengan masyarakat, tentunya guyub rukunz baldatun thoyyibatun warobbun ghofur,” jelas Sudiyanto.

Lebih lanjut, pawai kali ini dimulai dari kantor desa, kemudian diarak mengelilingi desa dengan finis di Lapangan Desa Gulun.

“Dari kirab ini ada juga pusaka yang diiringi gegajulan atau dedemitan sebagai simbol tolak balak dan mengusir para lelembut yang mengganggu instansi Pemerintah Desa Gulun,” imbuhnya.

Sudiyanto menambahkan, selain kirab ini nanti juga akan dilaksanakan pertunjukkan seni jaranan.

“Dalam momen peringatan Bulan Muharram atau Suro ini, yaitu adanya tumpeng agung, sebagai simbol permohonan kami kepada Allah Subhanahu Wata’ala agar selamat dari mara bahaya apapun, dan mudah-mudahan ditahun-tahun berikutnya bisa melaksanakan dengan lebih sempurna lagi, dan menjadikan tontonan sekaligus tuntunan.” akhirnya.

Baca Juga  Jalan Berlubang Perlambat Aktifitas Wisatawan Dan Masyarakat Desa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *