Kontes Kelinci Tingkat Nasional Kembali Digelar di Magetan

Rabbit Show 2022.

Beritatrends, Magetan – Kontes Kelinci Tingkat Nasional digelar barengan dengan acara Kembang Rawe atau Festival Krowe, tepatnya di Gor Den Bei, Desa Krowe, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, Sabtu (8/10/2022).

Kontes ini diikuti ratusan kelinci yang dibawa oleh peserta dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

“Minat peserta masih cukup tinggi walaupun peternak kelinci banyak yang diterpa Pandemi Covid-19. Dari target 200 peserta, ini ada sekitar 125 peserta. Mereka berasal dari berbagai kota seperti Cirebon, Bandung, Klaten, Yogyakarta, Pati, Semarang, dan Tegal,” kata Ketua Panitia Kontes Kelinci Nasional, Awang Arif.

Menurut dia, jenis kelinci yang mengikuti lomba terbagi menjadi dua golongan, kuda king dan hias.

Ia mengatakan juri dalam lomba ini, yakni A Arie Wardhani dari American Rabbit Breeders Association (ARBA) dan Musterbeh dari Malaysia, serta lima orang pecinta kelinci Magetan.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Drh. Nur Haryani mengatakan, Rabbit Show telah dilaksanakan keempat kalinya di Magetan dan akan menjadi agenda tahunan dengan konsep yang berbeda setiap tahunnya.

“Inginnya bisa menjadi Rabbit Day yang mengulas semuanya tentang kelinci, tidak hanya kontes, mulai dari kesehatannya, produk-produknya bisa ditampilkan,” ulasnya.

Kegiatan ini bisa menjadi wadah sarana edukasi dan bertukar pikiran para pecinta kelinci. Karena yang hadir merupakan pecinta kelinci dari seluruh indonesia.

“Selain menjadi ajang silaturahmi, juga bisa tukar pikiran, tentu juga akan memberikan motivasi untuk kemajuan bagi peternak kelinci di Magetan,” ungkap Drh. Nur Haryani.

Pos terkait