Kota Magetan Bebas Banjir, Puluhan Rumah di Kecamatan Maospati Terendam Banjir

Puluhan Rumah di Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Terendam Banjir

Beritatrends, Magetan – Belum seminggu Pemerintah Kabupaten Magetan dinyatakan Kota Magetan bebas banjir selama dua tahun ini, namun hujan lebat kurang lebih selama lima jam yang terjadi di Wilayah Kabupaten Magetan menyebabkan jebolnya tanggul di area persawahan dan kanal meluap ke rumah warga di Desa Suratmajan, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Selasa (5/3/2024) malam.

Informasi yang dihimpun, puluhan rumah yang terendam air di perumahan Ardya Garini, Suratmajan. Ada dua RT sekitar 50 rumah dan beberapa fasilitas umum yang terdampak air luapan tersebut.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi mengatakan, curah hujan tinggi dan durasi lama membuat tanggul samping perumahan jebol dan menimbulkan luapan hingga menggenangi jalan dan pemukiman.

Petugas langsung mendatangi lokasi, dilakukan pembesaran saluran air agar debit air bisa berkurang.

“Hujan lebat terjadi kemaren sore, air mulai masuk pemukiman pukul 18.30 WIB,” terang Eka Wahyudi, Rabu (6/3) pagi.

“Ketinggian air kurang lebih 40 sampai 60 cm masuk permukiman. Sebagian kondisi debit air hanya sampai di teras rumah saja,” jelasnya.

Beberapa warga sempat di evakuasi ke Masjid perumahan, untuk saat ini di wilayah yang terdampak sudah mulai surut warga bisa kembali ke rumah.

Baca Juga  SKW Berlisensi BNSP Satu-Satunya Dari LSP Pers Indonesia Makin Diminati

Pos terkait