KSJ Perkuat Gerakan Indonesia Anti Narkotika (GIAN) Sumut

  • Whatsapp

Dewan Pimpinan Wilayah Gerakan Indonesia Anti Narkotika provinsi Sumatera Utara

Beritatrends, Sumut – Resepsi perkenalan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Gerakan Indonesia Anti Narkotika provinsi Sumatera Utara, berjalan sukses di kantor sekretariat DPW GIAN Sumut Jalan Jumadi No 15, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Minggu (19/9/2021) siang.

Dalam kegiatan itu, turut dihadiri Dit Narkoba Polda Sumut Rinaldo SH,MH, Iptu MK Daulay, KBO Sat narkoba, Polrestabes Medan, R Silalahi SH Polres Belawan, Kompol Ginanjar Sik Kasat Narkoba Polresta Deliserdang, Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Janpiter Napitupulu SH MH, HM Subandi DPRD Sumut Komisi A, Sabaruddin ketua umum Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), Wiliam Soedibyo pengusaha Mega Park kota Medan dan seluruh unsur pengurus dan ketua DPD GIAN se sumatera utara.

Dit Narkoba Sumut bagian Pengawasan dan Penyidikan AKBP Rinaldo SH MH. Dalam pidatonya, DPW GIAN Sumut kedepannya haruslah eksis setelah terbentuknya pengurus baru. Mengingat perkembangan peredaran narkoba di Indonesia khususnya di sumatera utara sungguh sangat mengkhawatirkan.

Sumatera Utara saat ini adalah rengking ke dua setelah Metro Jaya. Metro jaya dan sumut kejar-kejaran diangka peredaran narkotika. Peredaran narkotika di sumut suda mencapai hampir 5 ribu kasus dengan 7 ribu pelaku tindak pidana.

Penyalahgunaan Narkotika Berdasarkan survei Badan narkotika nasional (BNN) pusat Tahun 2020 1,5 juta dari 15 juta lebih kurang di sumatra utara. Untuk itu polisi sangat mendukung lembaga-lembaga penggiat narkoba seperti GIAN sebagai perpanjangan tangan ketika polisi tidak mampu menggapai.

“Saya harap kedepannya pengurus DPW GIAN Sumut, kedepannya haruslah eksis dan jangan berhenti setelah terbentuknya pengurus yang baru. Sebab, seluruh data untuk penggiat narkoba datanya ada pada kami. Kami butuh penggiat-penggiat narkoba sebagai perpanjangan tangan kami ketika kami belum dapat menggapainya,”sebut Rinaldo.

Subandi anggota DPRD SU Komisi A Fraksi Gerindra selaku dewan pembina DPW GIAN Sumut, mengatakan.
Sumatera Utara adalah provinsi yang bermartabat. Jika kemarin sumatera utara berada di rangking satu dalam peredaran narkoba, namun kini sudah menduduki rangking dua.

Agar angka peredaran narkoba di Sumut nantinya jauh lebih menurun dari yang saat ini, mari bersama-sama menolak narkoba dengan menjalankan Perda no 1 tahun 2019 dimana mengikat seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam memberantas narkoba.

Ibunda Ninawati, selaku tokoh masyarakat sangat mengapresiasi dan memberikan bentuk dukungan serta memotivasi kepada DPW GIAN Sumut, agar kedepannya seluruh pengurus benar-benar menjadi penggiat peredaran narkoba demi masa depan anak bangsa.

“Harapan saya kepada DPW GIAN Sumut, kedepannya benar-benar menjadi penggiat narkoba demi masa depan anak bangsa. Saya selaku tokoh masyarakat, sangat mendukung dan mengapresiasi kepada pengurus untuk menjadi perpanjang tangan dari institusi kepolisian serta BNN sebagai Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK),”harapannya.

Terpisah, ketua DPW GIAN Sumut menegaskan. Bahwa kegiatan perkenalan seluruh pengurus yang dilaksanakan hari ini adalah bentuk dari keseriusan serta akan menjadi tanggung jawab bersama dalam memberantas peredaran narkoba di sumatera utara.

Perlu diketahui, GIAN adalah salah satu aksi pelopor yang mendapat penghargaan dari istana tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Narkotika (P4GN) dan sudah terbentuk diseluruh Provinsi di Indonesia.

“Hari ini kami melakukan kegiatan memperkenalkan pengurus DPW GIAN Sumut, kepada publik sebagai pelaku penggiat narkoba di sumatera utara sebagai perpanjangan tangan dari kepolisian dan BNN untuk bersama-sama memberantas narkoba,”tutur Kamal Ilyas.

Saharuddin Ketua Umum Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) menyampaikan dalam sambutannya “penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika berdampak luas keberbagai sendi kehidupan masyarakat, kerusakan moral telah menjadi problem sosial yang akut, ” ujar saharuddin, oleh karenanya GIAN perlu kita perkuat dan untuk itu KSJ telah melakukan MoU dan mempersiapkan rencana pembangunan rumah rehabilitasi korban penyalah gunaan narkoika di dalam areal kampung sedekah di petatal Batu Bara “ungkapnya saat memberikan sambutan, “Kita mendorong agar Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumut melalui Bapak Subandi untuk mendukung GIAN melalui Kebijakan Anggaran “pungkasnya.

Pos terkait