Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Sarangan Magetan Naik Hingga 90 Persen

Hotel di Sarangan Magetan Naik Hingga 90 Persen

Beritatrends, Magetan – Momen libur panjang pada lebaran tahun ini kembali membawa berkah bagi para pelaku usaha di area wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur.

Salah satunya datang dari pelaku usaha penginapan, baik hotel ataupun villa, yang mendulang keuntungan berkali-kali lipat.

Kepala Bidang Pengelolaan Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Magetan, Eka Raditya mengatakan, tingkat hunian kamar di area Sarangan pada libur lebaran mencapai lebih dari 90%.

Namun, ini hanya berlaku bagi hotel yang telah menyediakan booking berbasis online / OTA (Online Travel Agent).

“Untuk hotel-hotel yang telah menggunakan OTA, tingkat okupansinya diatas 90%, kemarin di salah satu hotel ada yang hanya menyisakan satu kamar,” jelasnya, Senin (15/04/2024).

Sedangkan bagi penginapan yang tidak menggunakan OTA, Eka mencatat tingkat okupansi hotel masih dibawah 40%.

“Beberapa hotel memang keterisiannya ada yang hanya 25%. Memang bedanya yang sudah online atau tidak itu terasa sekali,” kata Eka.

Sementara terkait tarif sewa tempat penginapan di Sarangan, harganya pun cukup bervariatif.

Beberapa villa atau hotel disebut Eka bahkan menaikkan tarif sewanya hingga dua kali lipat. Kendati demikian, tak sedikit juga yang tetap mematok harga normal seperti pada hari biasa.

“Karena memang kemarin pengunjungnya banyak, tapi ternyata untuk okupansi tidak setinggi atau sebanding dengan jumlah kunjungan,” ungkapnya.

Baca Juga  Perusahaan Pers Startup Siap-siap Gigit Jari dengan Terbitnya Perpres Keberlanjutan Media

Pos terkait