Mabicab Kwarcab Magetan Dinakhodai Bupati Suprawoto

  • Whatsapp

Saat pelantikan Mabicab, Kawarcab, dan lembaga pemeriksa keuangan gerakan pramuka tingkat Kabupaten Magetan, Sabtu (23/10/2021)

Beritatrends, Magetan – Ketua Kwartir Pramuka Daerah Jawa Timur melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kawarcab), dan lembaga pemeriksa keuangan gerakan pramuka tingkat Kabupaten Magetan, Sabtu (23/10/2021)

Hal ini sesuai lampiran keputusan Kwarda Jawa Timur tahun 2021 dengan susunan pengurus Mabicab gerakan Pramuka Magetan masa bakti 2021-2023 dinakhodai Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si.

H.M. Arum Sabil Ketua Kwarda Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan gerakan Pramuka tidak melihat siapa dia, apalagi dengan unsur Mabicab adalah jabatan otomatis yang berperan dijajaran pemerintahan.

“Mabicab yang dilantik adalah sebagai pengelola gerakan Pramuka adalah pilihan dari para anggotanya baik dalam kepiawaiannya pengurus dan anggota-anggotanya dalam Pramuka dan kwartir yang ada di Magetan mampu memilih sumber potensi dan mampu memperkuat serta mempertajam pelaksanaan demi kemajuan kegiatan gerakan Pramuka,”ucap Arum Sabil dalam sambutannya.

“Pelantikan Mabicab ini adalah bagaimana kebersamaan yang dibangun tidak melihat, tidak ada warna semua sama, untuk sama-sama kita mensukseskan gerakan Pramuka, meningkatkan prestasi yang dimiliki, “tambahnya.

berlangsungnya pelantikan

Ketua Mabicab Magetan Suprawoto menyampaikan, pamuka itu tidak diragukan lagi, ini rumah yang netral, rumah untuk semua, apa lagi pramuka itu didalamnya ada anak didik kita, anak muda kita perlu tansformasi dan gerakan pramuka ini, karena merupakan rumah yang netral luar biasa, siapapun boleh masuk didalamnya, tidak boleh membawa aliaran-aliran tertentu didalam gerakan pramuka.

“Ini merupakan sebuah lembaga yang betul-betul idial untuk ke Indonesiaan, oleh sebab itu di era digital di masa saat sekarang, pramuka tidak di ragukan, di tengah-tengah masa pendemi, tengah transpormasi nilai ekonomi yang lagi merosot, pihaknya yakin bahwa pramuka tempat yang tepat tranformen nilai-nilai yang baik,”terangnya.

Tadi katakan oleh Kak Sabil bahwa akan membuat program pramuka yang produftif, artinya bisa disektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dalam arti pertanian Magetan itu penyumbang terbesar dari sektor pertanian di Jawa Timur.

“Apa bila Magetan akan di jadikan Pailot Projek tentunya kita akan siap untuk menerima karena Magetan sebagai penyumbang terbesar sektor pertanian di Jawa Timur,”paparnya.

Setelah pelantikan foto bersama

Ditempat yang sama Ketua Kwarcab Magetan Hj. Titik Suprawoto mengatakan, tujuan mulia pendidikan kepramukaan adalah untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan taat hukum dan disiplin menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti.

“Untuk itu perlu upaya dan peningkatan inovasi kegiatan berlembaga dipelatihan serta pemberdayaan kwarcab dan sistematis terencana dan berkelanjutan, “ujar Titik.

Kami berharap dengan pelantikan ini merupakan upaya pemantapan organisasi sistem menajemen dan sumberdaya yang mampu membangkitkan kembali jaya kegiatan kepramukaan tingkat cabang Magetan.

“Pihaknya selaku ketua Kwarcab Magetan bertanggung jawab dan berkomitmen untuk terus mendukung gerak tumbuh dan berkembangnya Pramuka di Kabupaten Magetan untuk dijadikan pilot Projek Program pramuka yang produftif,”pungkasnya.

Pos terkait