Terus Tingkatkan Pelayanan Aduan, Pemerintah Kota Madiun Perkuat Pengelolaan SP4N LAPOR

Beritatrends, Madiun – Upaya peningkatan layanan aduan terus dilakukan Pemerintah Daerah. Sama halnya di Pemerintah Kota Madiun.

Melalui penguatan komitmen pimpinan terhadap pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaeuan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Kota Madiun, Jumat (01/04/2022)

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan layanan pengaduan masyarakat Kota Madiun cukup baik, teman – teman di OPD cukup tanggap dan sergap. Jumat (01/04/2022)

“Kalau ada laporan itu langsung ditangani, artinya laporan itu bukan hanya diterima saja namun langsung segera ditindaklanjuti dengan benar,” jelas Wali Kota Madiun.

Hal tersebut dibuktikan dengan capaian TOP 30 Pengelolaan SP4N LAPOR dari Kementerian PAN RB pada 2019 yang lalu. Dan prestasi itu kembali meningkat pada November 2020.

Kota Madiun berhasil mendapatkan penghargaan Pengelolaan aspek dengan keberlanjutan inisiatif terbaik kategori instansi Pemerintah Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik terbaik tahun 2020 dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik.

“Tentunya kita akan ikut kompetisi lagi tahun 2022 ini, dan apa yang telah kita capai harus terus ditingkatkan lagi,” imbuh Wali Kota.

Ia menambahkan, ada beberapa inovasi Pemerintah Kota Madiun terkait layanan pengaduan masyarakat, seluruh afuan itu terintegrasi dengan pengelolaan SP4N LAPOR.

Wali Kota Madiun menegaskan tindak lanjut aduan kurang dari 24 jam, tentunya setelah melalui penyortiran dan kajian, sebab tidak sedikit masyarakat yang melapor hanya iseng semata.

“Applikasi SP4N LAPOR itu juga terintegrasi dengan kanal media sosial maupun via pesan singkat atau SMS, semisal ada laporan bencana pohon tumbang tidak ada 20 menit sudah kita tindaklanjuti, prinsipnya kita cepat menanganinya,” tutup Wali Kota.

Pos terkait