Rapat Paripurna DPRD Magetan, Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2021

Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Tahun 2021

Beritatrends, Magetan – Rapat Paripurna yaitu penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Tahun 2021 dilaksanakan di gedung DPRD Magetan, Kamis (31/3/2022) .

Rapat Paripurna kali ini dihadiri oleh, Anggota DPRD Kabupaten Magetan, Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, serta perwakilan OPD-OPD.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 Tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah pada Pasal 18 bahwa LKPJ disampaikan oleh Kepala Daerah dalam Rapat Paripurna DPRD yang dilakukan satu kali dalam satu tahun paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

LKPJ tersebut dibahas oleh DPRD Magetan untuk rekomendasi perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Evaluasi secara lengkap yang mencerminkan kinerja Bupati selama kurun waktu Tahun Anggaran 2021.

Dalam penyampaiannya, Bupati menerangkan secara ringkas pokok-pokok materi LKPJ yaitu: yang pertama adalah kinerja pengelolaan keuangan daerah pada APBD Tahun 2021 yang terdiri dari pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah.

Kedua, capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang terdiri dari aspek kesejahteraan masyarakat, aspek pelayanan umum dan aspek daya saing daerah; dan yang terakhir adalah upaya perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan mengeluarkan beberapa kebijakan strategis yang ditetapkan dalam bentuk peraturan daerah maupun peraturan Bupati.

Sementara Anggota DPRD Magetan Pangayoman mengatakan, Secara pendapatan memang melampaui target tetapi ada beberapa hal seperti belanjanya masih belum maksimal, kemudian pembiayaan atau pengeluaran pembiayaan ini juga masih belum maksimal.

“Karena ini penting bagi masyarakat, biasanya pengeluaran pembiayaan ini diberikan untuk dana bergulir atau pinjaman kepada masyarakat dengan bunga rendah,” ujarnya.

Ia menambahkan, selanjutnya akan kita bahas lebih lanjut dan evaluasi oleh panitia khusus DPRD bagian mana yang kurang kedepannya akan kita lakukan peningkatan, sehingga akan jauh lebih baik.

Pos terkait