Magetan Buka Destinasi Wisata Baru, Kebun Buah Srogo

Magetan Buka Destinasi Wisata Baru Kebun Buah Srogo.

Beritatrends, Magetan – Wisata alam di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, bertambah lagi. Ya, Kebun Buah Srogo kini bisa menjadi pilihan baru buat masyarakat yang ingin menikmati suasana ijo-ijo sambil mendapatkan edukasi tentang aneka buah-buahan.

Kebun Buah Srogo yang baru diresmikan ini berlokasi di Jalan Raya Panekan, Kelurahan Tawanganom, Kabupaten Magetan. Lokasi tempat wisata yang dikelola oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Magetan ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 15 Menit/2,5 Km perjalanan dari pusat kota Magetan.

Launching Kebun Buah Srogo ini dilakukan pada Minggu (24/7/2022), oleh Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Wakil Bupati Magetan, Pimpinan DPRD, Kepala OPD dan undangan lainnya, ditandai dengan selamatan dan doa bersama.

Selain itu, juga diserahkan bantuan mesin combine pemanen padi, alat penjemur UV dryer untuk bangunan Rice Milling Unit/RMU, mesin penyortir padi/ colour sorter, dan 1 unit kendaraan roda 3 kepada perwakilan Gapoktan pada kesempatan tersebut.

Terdapat sebanyak 830 pohon dari 22 jenis buah yang ditanam di kebun seluas dua hektar tersebut, Seperti jambu kristal, jambu air, buah naga, belimbing, sawo, alpukat, durian, kelengkeng.

Ada juga jeruk, srikaya, sirsak, melon, semangka dan jenis buah kekinian lainya, serta sejumlah tanaman sayur.

Selain menyuguhkan buah segar, kawasan Kebun Buah Srogo juga menyediakan bibit buah untuk dijual ke pengunjung.

‘’Kebun buah Srogo nantinya bisa menjadi tempat wisata. Oleh karenanya, akan ditambah fasilitas penunjang oleh DTPHPKP. Seperti beberapa gazebo dan fasilitas kekinian lainya yang bisa dijadikan objek swafoto dengan latar belakang Gunung Lawu. Ini baru tahap awal, ke depan akan kami tambah terus tanamannya,’’ kata Kepala DTPHPKP Magetan, Uswatul Chasanah.

Baca Juga  Nanda Indira Dendi Berikan Suport dan Dukungan Atas Digelarnya Festifal Kuda Lumping Lewat Ketua Srikandi Dermawan

Untuk sementara, warga bisa mengakses kebun buah Srogo tanpa dipungut retribusi. Namun bagi warga yang menginginkan petik buah akan ditimbang dan dikenakan biaya sesuai yang dipetik.

Sementara, Disampaikan Bupati Suprawoto, bahwa Kebun Buah Srogo ini sudah dirintis sejak 3 tahun lalu, saat awal ia menjadi Bupati, agar menjadi ladang investasi bagi para investor di Kabupaten Magetan.

“Mudah-mudahan bisa menjadi jendela (etalase) produk buah di Magetan. Orang datang kesini bisa jualan bibit buah, jadi bisa menarik wisatawan untuk berinvestasi. Kita perlu visi menanam pohon, perlu waktu, tidak bisa instan, harus dengan konsep yang baik dan buah harus asli dari Magetan,” terangnya.

“Kita juga ada lahan, kalau ada yang mau investasi disini,” imbuh Suprawoto.

Pos terkait