Ratusan Keris dan Pusaka Dipamerkan di Magetan

Beritatrends, Magetan – Pameran Tosan Aji yang memamerkan berbagai jenis pusaka dari wilayah Jawa, khususnya Kabupaten Magetan kembali digelar.

Event tahunan yang memasuki kali ketiga ini rencananya dilaksanakan mulai tanggal 28-30 Juli 2023 di Gedung Tripandita, Magetan, tepatnya selatan Alun-Alun Magetan.

Tak hanya Pameran, berbagai rangkaian kegiatan turut mewarnai acara bertemakan “Joyo Jayaning Nuswantoro” seperti Lampah Hastungkoro Bumi Mageti, Bursa Tosan Aji, Workshop, hingga kesenian jaranan.

Wakil Bupati Magetan, Hj. Nanik Endang Rusminiarti, yang hadir membuka pameran Tosan Aji mengatakan, penyelenggaraan event dapat berlangsung menarik apabila mengangkat budaya bangsa.

“Event ini buah dari proses kerjasama dari berbagai pihak, baik itu pegiat atau komunitas seni budaya, organisasi, masyarakat, swasta, pemerintah bersama-sama menyelenggarakan kegiatan ini sesuai peran masing-masing,” ujarnya, Jumat (28/07/2023).

Pameran Tosan Aji ini memamerkan 200 bilah Tosan Aji dari berbagai jenis. Tak hanya itu, sedikitnya 47 pedagang bursa pusaka dari dalam dan luar kota juga turut melapak disana.

“Ini merupakan wadah bagi pegiat budaya yang berkolaborasi dengan pecinta Tosan Aji dan juga pembuatnya, seperti halnya Mpu. Di Magetan juga ada Komunitas Kapak Bilah Indonesia, yang justru pusatnya di Magetan,” tambah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Joko Trihono.

Baca Juga  Putra Babatn, Mempawah Hulu, Tatung Atraksi di Cap Go Meh Singkawang , 2023

Pos terkait