Magetan Masuk Tahap Verifikasi Lanjutan Tingkat Pusat Penghargaan Kabupaten Kota Sehat 2023

Bupati Magetan : Verifikasi Lanjutan Tingkat Pusat Penghargaan Kabupaten Kota Sehat 2023

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan bersama 173 Kabupaten/Kota lain se-Indonesia kembali diusulkan mengikuti verifikasi Penghargaan Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Kali ini, bertempat di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha, Pemkab setempat mengikuti Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional Tahun 2023 dari Tim Verifikator KKS Pusat secara daring, Senin (07/08/2023).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Magetan Suprawoto memaparkan materi program KKS meliputi 9 tatanan, yakni Tatanan Sehat Mandiri, Tatanan Pemukiman, Tatanan Sekolah/Madrasah Sehat, Tatanan Pasar, Tatanan Pariwisata, Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan, Tatanan Perkantoran dan Perindustrian, Tatanan Perlindungan Sosial, serta Tatanan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana.

“Ini dalam rangka Penghargaan Kabupaten Kota Sehat, Magetan sudah tiga kali berturut-turut dapat Penghargaan Swasti Saba. Mudah-mudahan menjadi kategori paling tinggi, kita sudah ditingkat Padapa menuju ke Wistara,” ujarnya.

Bupati mengatakan, telah ada banyak hal yang dilakukan pada seluruh tatanan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Magetan menjadi Kabupaten Sehat.

“Dari 9 tatanan, capaiannya ada yang memang dibawah 90%, karena data dukung belum semua yang diserahkan pada bulan Mei lalu,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya bersama dengan OPD terkait akan menindaklanjuti kekurangan yang ada, khususnya terhadap kekurangan pada 3 tatanan seperti yang disampaikan oleh Tim Verifikator.

“Oleh tim verifikator diberi waktu 2×24 jam untuk melengkapi,” pungkas Bupati.

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan, dr.Rohmat Hidayat, bahwa penghargaan ini dilakukan setiap tahun ganjil atau dua tahun sekali dari Kementerian Kesehatan.

“Memang ada beberapa indikator yang belum tercapai dan akan kita sampaikan upaya-upaya yang sudah kita lakukan untuk melengkapi dokumen. Mudah-mudahan tahun ini bisa mendapat Penghargaan Kabupaten Kota Sehat keempat kalinya,” harap Kadinkes.

Baca Juga  Aparat Gabungan TNI , Kepolisian dan Pemerintah Daerah Melakukan Pembongkaran Plang Atribut Khilafatul Muslimin

Pos terkait