Magetan Siap Hadapi Ancaman Bencana Saat Musim Hujan

Pj. Bupati Magetan saat mengecek kesiapan peralatan tim BPBD

Beritatrends, Magetan – Ancaman bencana musim hujan diwaspadai Pemerintah Kabupaten Magetan. Ratusan personil gabungan dari instansi terdepan dalam penanggulangan bencana pun disiagakan.

Pj. Bupati Magetan Hergunadi memastikan, kota kecil di lereng Gunung Lawu ini siap menghadapi potensi bencana hidrometeorologi.

“Saya kira Magetan siap menghadapi bencana yang mungkin kita hadapi kedepan,” ujarnya usai Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi, di halaman Mapolres Magetan, Selasa (05/12/2023).

Hergunadi mengaku, telah melakukan berbagai upaya mitigasi bencana yang acapkali terjadi di Magetan, seperti banjir dan tanah longsor. Begitupun dengan peralatan evakuasi juga dipastikan siap.

Ia menyebut telah menyosialisasikan pada desa terdampak kebakaran di musim kemarau lalu untuk membersihkan tumpukan ranting pohon agar tak menyumbat aliran air.

“Awal hujan pasti kondisi tanah juga berubah biasanya terjadi longsor dan sudah kita antisipasi. Dan disaat tanah sudah jenuh ada back water dari Bengawan Solo, sudah kita siapkan beberapa perahu karet,” tambahnya.

Kesiapsiagaan ini, lanjut Hergunadi, tentunya turut melibatkan seluruh jajaran Forkopimda, OPD, serta stakeholder terkait lainnya.

“Dengan adanya kolaborasi ini, seandainya terjadi bencana sewaktu-waktu bisa lebih cepat untuk mengatasi. Tapi kita berharap tidak terjadi bencana ya,” jelasnya.

Diharap masyarakat juga pro aktif pada setiap kejadian bencana.

Baca Juga  Afrizal Sintong Resmikan TVRI Stasiun Transmisi Rohil

Pos terkait