Manfaatkan Eks Galian Pasir Untuk Lahan Pertanian

Manfaatkan Eks Galian Pasir Untuk Lahan Pertanian

Sudirman merubah Eks Galian Pasir Untuk Lahan Pertanian

Beritatrends, Lampung Timur – Ingin menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar, seorang pemuda merubah eks galian pasir menjadi sawah. Jika program ini bisa berjalan lancer, maka akan ada ratusan masyarakat yang bisa bekerja menggarap sawah tersebut.

Setelah bertahun – tahun menjadi lahan tidur yang tidak bermanfaat, ternyata eks galian pasir di Desa Rejo Mulyo, Kecamatan Pasir Sakti, menyimpan potensi usaha yang sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh orang lain. Berkat kejelian Sudirman, eks galian pasir tersebut di sulap menjadi lahan pertanian berupa lahan sawah dengan sistem irigasi.

Eks galian pasir yang sebelumnya hanya berupa kubangan – kubangan air, selanjutnya di jebol hingga airnya kering. Setelah didiamkan selama beberapa waktu hingga lumpurnya kering, selanjutnya area tersebut diratakan menjadi sawah dan dibuatkan parit saluran pembuangan air.

Rencananya, untuk tahap awal, akan ada 230 hektar lokasi tambang pasir yang bisa dirubah menjadi sawah.

Untuk merubah eks galian pasir menjadi sawah bukanlah perkara mudah, selain membutuhkan biaya yang cukup besar, Sudirman harus mendatangkan tim ahli untuk membuat peta lokasi serta mengecek PH dan unsur hara pada tanah yang telah belasan tahun terendam air.

Meski membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup besar, namun ternyata usaha Sudirman tak sia-sia, saat ini sudah ada beberapa hektar sawah yang sudah ditanami padi.

Melihat perjuangan Sudirman, salah seorang anggota DPRD dari Lampung Timur bernama Najamudin menyatakan, dirinya sangat mendukung program yang diciptakan oleh Sudirman dan kawan-kawannya.

“Najamudin yakin, jika program ini bisa berjalan lancar maka akan banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar.

Sudirman berharap, program ini bisa berjalan lancar sehingga akan ratusan masyarakat sekitar yang bisa menggarap sawah tersebut.

Pos terkait