Melalui Program “BAGUS” BPR Ekadharma Bhinaraharja Bantu Entaskan Kemiskinan

BPR Ekadharma Bhinaraharja Bantu Entaskan Kemiskinan Melalui Program “BAGUS”

Beritatrends, Magetan – Eksistensi PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Ekadharma Bhinaraharja di Magetan terus menunjukkan sumbangsihnya pada masyarakat. Kali ini, Bank Ekadharma meluncurkan program “BAGUS”, bersamaan dengan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-32, bertempat di Hall Training Centre Bank Ekadharma, Kawedanan, Magetan, Sabtu (25/2/2023).

Dilihat dari namanya, BAGUS (Businessman Academician Government Ulama Society), program ini merupakan bentuk sinergi antara Bank Ekadharma, Pemkab Magetan, Akademisi (DPKM UGM), ulama, dan masyarakat, untuk sama-sama mengembangkan kemajuan Magetan khususnya di bidang ekonomi dan UMKM.

Direktur Utama Bank Ekadharma, Muhammad Nuf Bernadin, menjelaskan bahwa program BAGUS direalisasikan dalam bentuk pemberian pelatihan UMKM sekaligus pemberian modal usaha.

“Disini, para ibu-ibu atau kaum wanita yang semula menganggur akan kita bimbing untuk menjadi seorang wirausaha melalui praktek pelatihan. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan pemberian modal kerja atau dalam bentuk kredit tanpa agunan dengan sistem pendampingan dari proses awal hingga akhir,” terangnya.

Nantinya, dari program ini diharap akan dapat menciptakan rumah produksi, dimana lanjutnya, Bank Ekadharma juga akan menyiapkan beberapa rumah kurasi yang siap menampung hasil produksi para wirausaha.

“Dari sini, diharap KK miskin di 5 kecamatan yang ada di Magetan kelak berubah menjadi tidak miskin, pelaku UMKM semakin tumbuh, dan Bank Ekadharma betul-betul ada di hati masyarakat Magetan,” harap Dirut Ekadharma.

Sehingga dalam hal ini Bupati Magetan, Suprawoto, yang hadir untuk meresmikan dan membuka pelatihan, turut memberikan apresiasi kepada Bank Ekadharma yang telah memberi peluang kepada masyarakat untuk menjadi seorang wirausaha.

“Saya terimakasih karena telah melatih calon wirausaha yang ada di kantong-kantong kemiskinan. Ini adalah usaha bagus yang nantinya akan memunculkan wirausaha baru dalam rangka pengentasan kemiskinan,” ujar Bupati.

Baca Juga  Kapolsek, Danramil dan Camat Belitang Hilir Tinjau Posko Tanggap Banjir

Pos terkait