Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024 Polres Sampang Gelar Operasi Ketupat Semeru

Beritatrends, Sampang – Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH pimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024 di wilayah Kabupaten Sampang, Rabu (03/04/2024).

Apel yang dilaksanakan di lapangan Wira Manunggal Wicaksana Mapolres Sampang, di ikuti ratusan personil gabungan TNI-Polri, Sat. Pol PP, Dishub, BPBD, Pemadam Kebakaran Kabupaten Sampang, Senkom dan Saka Bhayangkara.

Di dampingi Forkopimda Kabupaten Sampang, AKBP Siswantoro membacakan amanat apel gelar pasukan Operasi Ketupat tahun 2024 Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si.

Di awal sambutannya Jenderal Polisi Listyo Sigit menyampaikan bahwa apel gelar pasukan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dan mitra Kamtibmas

Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 % di bandingkan tahun 2023 dan Presiden Joko Widodo juga menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali.

Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri dan stakeholder terkait melaksanakan Operasi Ketupat dengan sandi Ketupat 2024 selama 13 hari mulai tanggal 4 sampai dengan 16 maret 2024

Kapolri mengajak seluruh masyarakat untuk mudik ke kampung halaman lebih awal guna menghindari jalur-jalur rawan kemacetan jelang hari raya Idul Fitri 1445 H.

Usai memimpin apel gelar pasukan, AKBP Siswantoro bersama Forkopimda melihat kesiapan sarana dan prasarana penunjang Operasi Ketupat Semeru 2024 di Kabupaten Sampang sekaligus memimpin pemusnahan barang bukti hasil Operasi Pekat Semeru 2024.

Kepada awak media AKBP Siswantoro menyampaikan bahwa Polres Sampang telah menyiapkan ratusan personil gabungan TNI-Polri, Pemkab Sampang, Mitra Kamtibmas dan pramuka untuk menempati 1 pos pelayanan dan 3 pos pengamanan guna memberikan pelayanan Kepolisian kepada para pemudik maupun masyarakat sampai selesainya rangkaian hari raya.

Baca Juga  Taat Hukum Lima Perwakilan Masyarakat Penuhi Panggilan Ditresrimsus Polda Lampung

Kapolres Sampang juga telah memerintahkan kepada Kapolsek jajaran untuk mengimbangi Operasi Ketupat Semeru 2024 untuk melaksanakan Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan mengajak Forkopimcam, tokoh masyarakat serta mitra Kamtibmas lainnya.

Kapolres Sampang berharap dengan berbagai upaya tersebut di harapkan mudik tahun 2024 dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria dan penuh makna.

Momentum hari raya Idul Fitri diharapkan AKBP Siswantoro menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

Apabila mengetahui adanya gangguan Kamtibmas, AKBP Siswantoro berharap masyarakat untuk segera menghubungi personil Polri mulai Polisi RW, Polmas, Bhabinkamtibmas ataupun anggota Polsek dan Polres Sampang yang di kenal agar segera mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat agar tidak sampai terjadi konflik sosial selama rangkaian perayaan hari raya Idul Fitri tahun 2024.

Pos terkait