Menteri Sandiaga Uno Temui Pelaku UMKM di Ponorogo

Sandiaga Uno melihat langsung berbagai produk UMKM di Kabupaten Ponorogo.

Beritatrends, Ponorogo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf / Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ponorogo, Kamis (30/6/2022).

Kali ini Sandiaga sapaan akrab Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi sentra pembuatan jajanan Rengginang di Desa Ketonggo, Kecamatan Bungkal, selain juga meninjau berbagai produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) lain yang ada di Ponorogo.

Sandiaga Uno melihat langsung proses pembuatan, sekaligus berdialog dengan pembuat Rengginang didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo.

Sandiaga mendapatkan berbagai curhatan para pelaku UMKM, diantaranya masalah permodalan, pemasaran serta dukungan insfratruktur.

“Saya sangat senang melihat UMKM kembali bangkit dan mengeliat, setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19,” kata Sandiaga.

Selain itu masih menurut Sandiaga, pihaknya akan bantu para pelaku UMKM, terlebih di pemasaran nya, selain ada berbagai program lain.

“Saya akan bantu untuk mengkonsep kemasan, agar lebih menarik, sehingga anak milenial bisa tertarik untuk membeli aneka macam produk jajanan lokal, sepeti produk Rengginang ini,” terang Sandi menjawab berbagai pertanyaan oleh para pelaku UMKM di Ponorogo.

Lanjutnya, bahwa dari segi bantuan permodalan, pihaknya mempunyai program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) dari Kementrian Parekraf.

“Kita ada program BIP, semoga bisa membantu para pelaku usaha, menambah modal,” jelasnya.

Dengan kebangkitan para pelaku UMKM ini, Sandiaga meyakini bisa menciptakan 1,1 juta lapangan kerja. Dia mengajak Bupati Sugiri Sancoko untuk berdiskusi langkah-langkah yang akan ditempuh supaya UMKM bisa naik kelas. Selain itu juga bisa mendukung program dari Bapak Presiden Jokowi untuk melakukan gerakan nasional (gernas) bangga buatan Indonesia. Dimana memberikan kesempatan untuk UMKM masuk e-katalog, baik yang nasional, lokal maupun sektoral yang berbasis ekonomi kreatif.

“Ini yang akan kita dorong untuk kebangkitan UMKM. Dan nanti 2024 kita bisa ciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru,” pungkasnya.

Pos terkait