Musrenbang Kabupaten Magetan Bahas Dua Dokumen Perencanaan Pembangunan

Kepala Bappeda Litbang Magetan : Musrenbang kali ini sekaligus membahas dua dokumen perencanaan pembanguan, yakni Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Magetan tahun 2025-2045, serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Beritatrends, Magetan – Tahapan berjenjang Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) telah sampai pada tingkat kabupaten.

Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Musrenbang di Pendopo Surya Graha, Kamis (14/03/2024).

Menariknya, Musrenbang kali ini sekaligus membahas dua dokumen perencanaan pembanguan, yakni Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Magetan tahun 2025-2045, serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

“Tahun 2025 merupakan tahun yang strategis karena ini merupakan tahun pertama dari RPJPD dan RKPD, sehingga harus jadi landasan yang kuat untuk pembangunan jangka menengah dan jangka panjang,” ujar Kepala Bappeda Litbang Magetan, Elmy Kurnianto Widodo.

Elmy menjelaskan, Musrenbang RPJPD 2025-2045 menyepakati visi misi serta isu strategis yang ada di Magetan. Pembahasan ini ditarget akan rampung hingga ditetapkan menjadi Perda pada akhir Agustus mendatang.

“Sesuai visi jangka panjang Magetan kelak akan bertransformasi, salah satunya menjadi kota pendidikan atau kota layanan kesehatan yang paripurna,” jelasnya.

Sementara untuk RKPD, merupakan penyepakatan dari program prioritas pada tahun 2025. Ini termasuk program atau kegiatan yang telah dibahas sebelumnya, sejak Musrenbang di tingkat bawah.

“Kalau RKPD akan disempurnakan dulu. Nanti jadi bahan untuk pembahasan menjadi KUA PPAS pada APBD 2025,” ujar Elmy.

Masih di tempat yang sama, Pj. Sekda Magetan Hermawan menyebut bahwa semua sektor akan menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Magetan.

“Prioritas kita tetap mengembangkan ekonomi atau pariwisata. Pembangunan disemua sektor juga seperti Perguruan Tinggi atau infrastruktur pendidikan, informasi birokrasi, hingga sirkuit diupayakan mulai dibangun tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga  Kecamatan Labuhan Maringgai Gelar Upacara HUT RI ke 77

Pos terkait