Musrenbang Kabupaten : Penanganan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting Jadi Prioritas Pembangunan Magetan Tahun 2024

Elmi : Penanganan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting Jadi Prioritas Pembangunan Magetan Tahun 2024

Beritatrends, Magetan – Setelah melewati berbagai rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan tematik, hari ini, Kamis (9/3/2023), Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), menggelar Musrenbang tingkat Kabupaten tahun 2023, bertempat di Pendapa Surya Graha.

Musrenbang ini digelar sebagai tahap lanjutan dalam rangka penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024.

Bupati Magetan, Suprawoto, yang hadir membuka acara berpesan, agar dalam penyusunannya selalu mengedepankan prinsip mendahulukan mana yang lebih penting, meski dengan keterbatasan anggaran yang ada.

“Senyampang kita ditakdirkan sebagai orang yang mengambil keputusan, gunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” pesan Bupati.

Dengan mengundang seluruh komponen masyarakat, Musrenbang ini menjadi wadah untuk menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah kedepannya, sekaligus sebagai penyelarasan program agar sesuai dengan sasaran.

“Musrenbang ini menjadi puncak, dimana sebelumnya aspirasi telah terbangun dari bawah. Jadi disini tinggal menegaskan dan menyepakati bentuk program kegiatannya akan seperti apa dan diampu oleh OPD mana,” jelas Kepala Bappeda Litbang Magetan, Elmy Kurnianto Widodo.

Lebih lanjut, pihaknya juga meyebutkan bahwa untuk program kerja di tahun mendatang akan bersifat melanjutkan dan menyempurnakan program yang telah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, juga akan berfokus pada program prioritas pembangunan dalam rangka penyelesaian masalah utama di Indonesia, seperti kemiskinan ekstrem dan stunting.

“Karena pembangunan tidak boleh putus, harus continue. Sementara untuk prioritas kita berpedoman tegak lurus dulu, mengikuti prioritas nasional dan provinsi, seperti penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting, pembangunan SDM dan pemenuhan jumlah infrastruktur sebagai pendukung,” papar Elmy.

Baca Juga  Dikeluhkan Sempit, Kini Jembatan Ndoyo Mulai Diperlebar Pemkab Magetan

Ditambahkannya, hal tersebut juga sejalan dengan arah kebijakan pembangunan Magetan yang telah disusun sebelumnya, dimana menempatkan pembangunan di bidang kemiskinan dan ekonomi (melalui peningkatan jaminan sosial dan akselerasi pertumbuhan ekonomi) sebagai prioritas utama.

Kemudian pembangunan SDM (melalui peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan) sebagai prioritas dasar wajib.

Serta pembangunan bidang pemerintahan (melalui peningkatan manajemen tata kelola pemerintahan yang adaptif dan makin canggih) sebagai prioritas pendukung.

Pos terkait