Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Sidorejo Sukses Digelar

Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Sidorejo 

Beritatrends, Magetan – Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, saat ini telah memasuki tahap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Setelah di-launching pertama kali di Sumber Molang, Desa Bedagung, Kecamatan Panekan, (1/2/2023), kali ini Kecamatan Sidorejo menggelar Musrenbang, bertempat di pelataran Makam Eyang Ronggo Galih, Desa Durenan, Kecamatan Sidorejo, Senin (6/1/2023).

Masih sama mengusung konsep outdoor, penempatan pelaksanaan Musrenbang disana adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat dan dinas terkait, bahwa Eyang Ronggo Galih merupakan Bupati Magetan ke-2.

“Supaya yang belum tau jadi tau, baik bagi masyarakat atau dinas lain. Karena Eyang Ronggo Galih pernah menjabat di pemerintahan Magetan, kita berharap bisa meneladani semangat juang beliau seperti kala itu,” terang Bupati Suprawoto, dalam sambutannya.

Lebih lanjut, terkait dengan Musrenbang, Bupati menjelaskan bahwa PAD Magetan yang kecil, yakni senilai Rp 210 miliar, harus dapat diupayakan dengan sebaik-baiknya.

“Uang terbatas tersebut harus dapat digunakan sebaik-baiknya, dengan tetap dapat memberi efek seperti bola salju, yakni memiliki dampak yang besar,” tutur Bupati.

Sementara itu, dalam Musrenbang tersebut, sebanyak 10 desa di Kecamatan Sidorejo menyampaikan usulan programnya masing-masing.

Camat Sidorejo, Dandung Wijanarka, memaparkan bahwa program yang diusulkan oleh desa mayoritas berkaitan dengan masalah pertanian, seperti pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), talud, dan saluran irigasi. Tak hanya itu, beberapa desa juga mengusulkan terkait dengan pembangunan ruko dan pengembangan batik.

“Dari 10 program yang telah diusulkan, setelah ini akan dievaluasi oleh Bappeda dan Dinas terkait sebagai bahan pertimbangan,” tambah Camat Dandung.

Baca Juga  Ketua MUI Sumut Apresiasi Kapolda Sukses Pengamanan Lebaran

Pos terkait