Naik Dango Kabupaten Landak, Sukses Diikuti 3 Kabupaten

Naik Dango Kabupaten Landak, sukses diikuti 3 kabupaten

Beritatrends, Landak – Naik Dango ke 38, Sukses pawai , di ikuti 21 kontingen dari 3 Kabupaten,dengan jumlah diperkirakan 5000 an hadirin terdiri dari panitia, kontingen, serta penonton.

Pesta dan pagelaran budaya Naik Dango , yang di selengarakan sejak tanggal 25 – April 2023 sampai 27 april 2023, Ngabang, 26 april 2023.

Hari ini khusus pawai budaya, yang di mulai di pendopo Bupati landak menuju Kantor Bupati landak, sebagian Besar peserta berjalan kaki, Arak-arakan di kawal Fihak Kepolisian dan TNI, bahkan nampak Kapolres Landak AKBP Nyoman Budi artawan, di Barisan paling depan, juga berjalan kaki.

Naik dango, merupakan kegiatan tahunan yang sudah di terlaksana sejak ratusan tahun lalu, ini merupakan kegiatan ucapan syukur dengan hasil pencapaian panen, beebagai hasil bumi, terutama padi gunung dan padi sawah.

Ini naik dango yang di laksanakan di Kabupaten landak dan naik dango di zaman generasi baru, tujuan nya untuk melestarikan adat dan budaya Dayak.

Dalam sambutan singkat nya di depan Ketua DAD Provinsi Kornelius kimha, Sekjen MADN, Yakobus kumis, Pj Bupati Landak, Samuel, SE. MSi.

Heri Saman , SH.MH, Yang merupakan ketua DAD Kabupaten Landak mengatakan, bahwa kegiatan hari ini adalah pawai budaya dan Seni, kita wajib lestarikan adat dan budaya kita, Siapa kita, kata Heri saman.

Kita Dayak, jawab seluruh yang Hadir,
Terimakasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan acara Naik dango ke 38 ini, kita lanjutkan besok dalam kegiatan perlombaan.

Samuel dalam paparan singkatnya mengucapkan terimakasih, dan semoga kegiatan selanjutnya tetap mendapat dukungan oleh semua fihak, dan makin baik pekajsanaannya, Adil katalino bacuramin kasaruga, basengat ka jubata, arus-arus, kata Samuel mengahiri,
Kontingen pun membubarkan diri masing- masing.

Baca Juga  Ngobrol Gayeng Bersama Bupati Magetan

Pos terkait