Normalisasi Saluran Penanganan Banjir Wilayah Cepoko

Penanganan Banjir Wilayah Cepoko

Beritatrends  Magetan – Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan melakukan normalisasi saluran sebagai upaya pengendalian banjir. Salah satunya terhadap saluran di Wilayah Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, Magetan.

Kepala Bidang (Kabid) SDA Yuli K Iswahyudi, melalui ST Sub Koordinator OP Sarpras SDA Dinas PUPR Kabupaten Magetan Hendro Sasongko mengatakan, normalisasi saluran penanganan banjir dilakukan dengan kontruksi cor beton siklop.

“Ini merupakan upaya penanganan pengendalian banjir, dengan mengurangi debit air yang turun ke arah Kebaran lanjut ke wilayah Samsat Magetan yang sebelumnya sering terjadi dan juga pengendalian air banjir dari wilayah Terung untuk di arahkan ke pembuangan akhir ke Kali Sadon,” kata Hendro Sasongko, Jumat (9/12/2022).

Karena saluran sebelumnya masih berupa tanah, maka di bangun permanen dengan kontruksi Beton Siklop dan besi tulangan. Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV Cahaya Makmur Sejahtera dan konsultan pengawas CV Cakra Mandiri Persada dengan nilai kontrak Rp 178,8 Juta.

Hendro Sasongko mengungkapkan, kegiatan penanganan banjir sebelumnya juga sudah dilakukan dengan pengerjaan kolaborasi antara Bidang Cipta Karya dengan Bidang SDA, di bagian hilir seputaran Samsat.

“Harapannya, debit air yang ke arah Kebaran menuju Samsat dapat dikurangi, sehingga resiko banjir di wilayah Samsat dapat dikurangi,” pungkasnya.

Pos terkait